logo Kompas.id
OpiniMenyelamatkan Industri Pers...
Iklan

Menyelamatkan Industri Pers Nasional

Jika krisis ekonomi tak segera berlalu, banyak perusahaan media berada pada batas akhir kemampuan bertahan hidup. Daya hidup beberapa media hanya berada dalam hitungan bulan.

Oleh
Agus Sudibyo
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/nnAYZ03AM8jXCouQ2gm1UgBUoY0=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2F3852c8a6-d11d-4a62-8ba5-1942a4890cd5_jpg.jpg
Kompas/Hendra A Setyawan

Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air tidak membuat Ade (56) patah semangat menjajakan koran di perempatan Gaplek, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (27/3/2020). Pria yang telah menjadi loper koran sejak 20 tahun lalu itu gigih menyambung napas media cetak yang tengah mengalami disrupsi.

Sektor media adalah salah satu sektor yang tetap harus bekerja saat krisis melanda negeri ini akibat pandemi Covid-19. Sulit dibayangkan, apa jadinya jika krisis ekonomi sedemikian buruk sehingga memaksa banyak media massa gulung tikar atau melakukan pemutusan hubungan kerja massal?

Instrumen terpenting—meski bukan satu-satunya—komunikasi massa yang selama ini jadi jembatan komunikatif-informatif antara negara dan warganya berhenti beroperasi. Sementara keberhasilan menanggulangi Covid-19 ditentukan keberhasilan dalam menjalankan komunikasi massa. Sebaliknya, pengalaman banyak negara menunjukkan, kegagalan penanganan Covid-19 bermula dari kecenderungan meremehkan segi-segi komunikasi massa dalam situasi krisis.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000