Sejumlah 1.000 peserta BNI Digimudik 2018 tak cuma berangkat naik kereta api dari Stasiun Gambir Jakarta, Selasa (12/6). Sebelum berangkat, mereka diajak mencoba bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran BNI Yap! di Pasar Murah Yap! yang dibuka khusus untuk peserta.

BNI Digimudik 2018 merupakan ke­­giatan mudik bareng yang diseleng­garakan oleh PT Bank Negara Indo­nesia (Persero) Tbk atau BNI. Hadir pada pelepasan mudik kereta api di Stasiun Gambir antara lain Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Internasional Dewa Made Sastrawan, Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta, Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Apriyono Wedi Chresnanto, dan segenap jajaran komisaris, direksi BNI, dan direksi anak perusahaan BNI.

Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta (Kanan) menyerahkan mock-up tiket kepada salah satu peserta BNI DigiMudik 2018 sebagai simbolisasi pelepasan di Kawasan Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12 Juni 2018).

Aplikasi Yap! (Your All Payment) meru­pakan aplikasi berbasis QR Code Scanning yang dananya dapat bersumber dari Kartu Debit BNI, Kartu Kredit BNI, dan uang elektronik BNI (UnikQu). Setiap pemudik mulai diperkenalkan dengan BNI Yap! pada saat registrasi ulang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk pemudik bis (8/6) dan pemudik kereta (12/6). Dengan demikian, BNI telah menjalankan literasi produk perbankan termutakhir terhadap ribuan peserta BNI Digimudik 2018.

Pengenalan BNI Yap! merupakan salah satu wujud penerapan sistem digital pada program mudik gratis bersama BNI tahun ini, terutama digitalisasi transaksi para pemudik di Pasar Murah Yap! Digitalisasi mudik juga diterapkan dalam bentuk pendaftaran calon pemudik yang hanya dapat dilaksanakan secara online. Selain itu, info program promo BNI selama Lebaran dapat diketahui masyarakat melalui aplikasi BNI Experience.

Sinergi BUMN

Pelepasan Mudik Bis oleh Jajaran Direksi BNI di TMII, Jumat (8 Juni 2018).

Sebelumnya, BNI telah bersinergi dengan Garuda Indonesia untuk memberangkatkan 250 pemudik menggunakan pesawat pada Jumat (8/6). Pada hari yang sama, pemudik BNI yang menggunakan lebih dari 100 bus telah diberangkatkan dari Parkir Utara Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Suasana peserta BNI Digimudik 2018 di dalam KA Bandara saat pelepasan Mudik Pesawat, Jumat (8 Juni 2018).

BNI juga berpartisipasi dalam program Mudik Gratis Bareng BUMN 2018 dengan memberangkatkan satu bus. Secara kese­luruhan, demi mendukung program Mudik Gratis Bareng BUMN 2018, BNI telah memberangkatkan 7.500 pemudik yang terdiri atas 6.250 pemudik menggunakan bus, 1.000 pemudik menggunakan kereta, dan 250 pe­mudik menggunakan pesawat. [*]