Pesta olahraga Asian Games 2018 baru saja usai. Namun, kemeriahan dan gemerlapnya menorehkan impresi mendalam. Terlebih lagi saat perhelatan opening dan closing ceremony, yang di baliknya ada tata rias yang punya peran penting.

Menjadi sebuah kebang­gaan bagi Sariayu Martha Tilaar yang dipilih dan dipercaya oleh Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) sebagai produk kosmetik pilihan untuk menyempurnakan penampilan performer lewat tata rias dan tata rambut pada perhelatan spektakuler tersebut.

Spektakuler

Sebagai salah satu merek kosmetik lokal Indonesia, Sariayu dan Puspita Martha International Beauty School yang berada di bawah naungan Martha Tilaar Group menangani tata rias dan tata rambut 3.500 performer pada opening ceremony (18/8) dan 1.500 performer pada closing ceremony, Minggu (2/9). Mereka adalah gabungan penari profesional, pegiat seni, dan siswa-siswi SMA.

Dengan mengusung semangat “Local Wisdom Go Global”, Sariayu mempersiapkan konsep khusus yang spektakuler saat opening dan closing ceremony Asian Games ke-18.

Foto-foto dokumen Sari Ayu Martha Tilaar

Sariayu membentuk tim khusus sebanyak 500 orang yang terdiri atas make up artist dan hairstylist dari Martha Tilaar Group serta alumnus dan siswa Puspita Martha International Beauty School. Sekolah kecantikan yang telah berdiri selama puluhan tahun ini dikenal andal mencetak make up artist dan hairstylist berpengalaman.

Pada kesempatan itu, Sariayu dan Puspita Martha juga dibantu Komunitas Difabel Jakarta (Teman Tuli). Keterlibatan komunitas difabel ini sejalan dengan salah satu pilar perusahaan Martha Tilaar Group yaitu, Empowering Woman.

Total, setelah melewati proses audisi dan training, terpilih 500 make up artist dan hair stylist yang terbagi menjadi 370 orang (opening ceremony) dan 130 orang (closing ceremony). Dengan etos kerja tinggi dan kerja sama yang baik, tim Sariayu berhasil menjalankan tugasnya. Tentu, di sisi lain, pada prakteknya tim juga menghadapi tantangan yang besar di lapangan.

Hal tersebut diakui oleh Art Director Make Up & Hair Do Asian Games 2018 Lucia Tan. Telah memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi sebagai guru di Puspita Martha International Beauty School sejak 1994 dan make up artist profesional, Lucia didapuk sebagai pemimpin dari tim khusus Sariayu untuk Asian Games 2018.

Lucia menuturkan, ini adalah pengalaman pertamanya mengoordinasi tata rias untuk perhelatan olahraga sebesar Asian Games 2018.

“Jujur, ini sangat menantang, karena sebelumnya lebih berpengalaman dalam tata rias untuk pertunjukan fashion. Tantangannya adalah waktu rias dan jumlah MUA dibatasi, serta jumlah performer yang besar. Namun, berkat dukungan dan kekompakan tim semua bisa dilakukan,” ujar Lucia.

Lucia menambahkan, bahwa tantangan terbesar yang ditemui adalah bagaimana mengatur 90 MUA dalam waktu yang dibatasi, untuk mendandani sekitar 1.500 performer welcoming dance, tari Ratoh Jaroe saat opening ceremony.

Bangga

Lucia kembali bercerita, tuntutan tinggi dengan standar tata rias internasional dari Inasgoc, juga ternyata berhasil dipenuhi. Konsep yang akhirnya disepakati adalah konsep tata rias natural, akan tetapi terlihat menawan saat di panggung.

“Yang pasti saya sangat bangga dan senang, produk dalam negeri seperti Sariayu dipercaya dan berhasil memenuhi gaya riasan internasional,” terang Lucia antusias.

Rasa bangga juga disampaikan Vice Chairwoman Martha Tilaar Group Wulan Tilaar. Wulan mengatakan,” Kami bangga dan bersyukur atas apresiasi dan kepercayaan Inasgoc kepada Sariayu. Lewat ajang Asian Games 2018, kami bisa membuktikan jika produk lokal pun dapat berkontribusi menyukseskan perhelatan olahraga terbesar di Asia itu.”

Menurut Wulan, menjadi pengalaman luar biasa Sariayu dapat berkolaborasi dengan putra-putra kreatif bangsa. Sebut saja Wishnutama, Addie MS, Dynand Fariz, Rinaldy Yunardi, Denny Malik, Eko Supriyanto, dan Roland  Steven. Wulan menambahkan, Sariayu sudah sering berkolaborasi dengan Dynand Fariz sejak awal Jember Fashion Carnival diadakan, serta bersama Rinaldy Yunardi untuk acara-acara fashion.

Di Asian Games kemarin, Wulan menilai kekompakan tim menjadi kunci kesuksesan. “Setelah lolos seleksi, para MUA yang terpilih diminta komitmennya untuk hadir dalam sesi gladi resik dan hari-H. Belum lagi, mereka juga diuji dalam kecepatan dan kemampuan menangani jumlah performer yang banyak. Dan, ternyata berhasil, saya sangat mengapresiasi hal ini,” ucap Wulan.

Selain untuk mendandani performer di opening dan closing ceremony, Sariayu juga dipercaya mempercantik atlet Indonesia cabang olahraga Senam Artistik, termasuk Rifda Irfanaluthfi, atlet Indonesia yang memenangkan medali perak di Asian Games kemarin.

Tak hanya itu, melalui Martha Tilaar Salon Day Spa, Martha Tilaar Group juga berkontribusi membuka Spa di Wisma Atlet, Kemayoran, pada 10 Agustus–5 September 2018 untuk membantu para atlet berelaksasi. Spa ini menyediakan beberapa treatment seperti reflexology, full body massage, ultimate full body massage, dan full body massage + face acupressure.

Tak ayal, Asian Games 2018 menjadi pengalaman berharga bagi Indonesia. Meskipun perhelatannya sudah berakhir, semangat dan warna-warninya tak akan pernah pudar dalam hati dan ingatan kita. [AJG]


Produk Andalan untuk Tampil Mengesankan

Kesuksesan selebrasi Asian Games 2018 terwujud berkat dukungan dan kerja sama yang solid dari bermacam pihak, termasuk dari bagian tata rias.

Sariayu, merek produk kosmetik ternama Tanah Air dari Martha Tilaar Group terpilih sebagai official makeup untuk opening dan closing ceremony Asian Games 2018. Kepercayaan itu didasari karena kualitas dan reputasi produk, serta pengalaman panjang Sariayu menjadi produk kosmetik tepercaya.

Selaras dengan konsep #TheColorofAsia yang terinspirasi dari kecantikan perempuan Asia, membuat produk Sariayu cocok untuk berbagai karakter dan jenis kulit.

Pada pesta olahraga terbesar se-Asia kali ini, Sariayu memakai Sariayu Color Trend 2018 Inspirasi Jakarta yang terdiri atas koleksi matte metallic lipstick, lip cream, dan eye shadow yang energik. Para performer pun mendapat sentuhan kilau warna-warni Jakarta yang dinamis, gemerlap, sporty, dan full of spirit.

Berikut ini lima produk andalan yang digunakan para performer Asian Games 2017 dengan hasil glowing, stunning, dan memberikan tampilan modern look yang natural.

1. Sariayu Natural Glow Tinted Moisturizer

Produk ini tersedia dalam tiga warna yaitu light, natural, dan dark. Dengan tekstur yang ringan, cocok digunakan untuk sehari-hari. Sariayu Natural Glow Tinted Moisturizer juga mengandung ekstrak bunga gardenia dan vitamin E sebagai antioksidan serta SPF 20 yang akan melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari.

2. Sariayu Natural Glow Two Way Cake

Mengandung ekstrak gardenia, vitamin E, serta SPF 15, produk ini diproduksi dengan teknologi terbaru untuk menghasilkan micronized powder dengan butiran lebih halus. Hal ini membuat tekstur Sariayu Natural Glow Two Way Cake lebih halus dan menempel secara sempurna.

3. Sariayu Natural Glow Lipstik

Sariayu Natural Glow Lipstik hadir dengan 15 pilihan warna yang mengandung moisturizer untuk melembabkan bibir. Diperkaya dengan kandungan antioksidan dan UV filter yang membantu melindungi bibir dari sinar UV.

4. Sariayu Natural Glow Lip Colour Matte

Lip cream ini mengandung amethyst powder dan vitamin E sebagai antioksidan untuk merawat tekstur bibir. Sementara itu, UV filter-nya membantu melindungi bibir dari pengaruh buruk sinar UV, serta natural moisturizer yang menjaga kelembaban bibir. Selain itu, Sariayu Lip Colour Matte ini juga mampu menempel secara sempurna dan tahan lama.

5. Sariayu Color Trend 2018, Inspirasi Jakarta

Dengan konsep #beautyploration yang bertujuan mendorong setiap perempuan agar percaya diri dalam mengeksplorasi gayanya. Rangkaian produk ini terinspirasi dari warna metropolitan Jakarta yang gemerlap, dinamis, dan penuh semangat. Jakarta juga dipilih menjadi inspirasi tahun ini bagi tren warna, karena merupakan salah satu lokasi Asian Games 2018.

Pada kesempatan ini, Sariayu Color Trend 2018 Inspirasi Jakarta menampilkan koleksi warna-warna bold seperti ungu, merah, dan hijau, serta warna hangat seperti jingga dan cokelat.

Rangkaian warna-warna cantik ini cocok untuk perempuan Indonesia yang energik, percaya diri, dan penuh aktivitas sepanjang hari.

Diperkaya dengan kandungan ekstrak buah kersen yang kaya vitamin C dan antioksidan, koleksi Sariayu Color Trend 2018 Inspirasi Jakarta terdiri atas Matte Metallic Lipstik, Matte Lip Cream, dan Dynamic Mettalic Eyeshadow.

Semua rangkaian produk Sariayu ini diproduksi dengan teknologi modern, menggunakan bahan natural alami Indonesia yang sudah teruji kualitasnya, serta aman dan halal. Istimewanya, semua produk ini bebas bahan berbahaya, free animal testing, dan dermatology tested. [*/AJG]