logo Kompas.id
TajaFenomena E-commerce dalam...

Fenomena E-commerce dalam Pemerataan Ekonomi Digital di Indonesia

PT. Tokopedia
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan PT. Tokopedia.
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/B9ruyHP_uKrkjUTrzaOry7cmE44=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F2108-TOKOPEDIA_FEAT-1-720x405.jpg
Kompas

Foto-foto dokumen Tokopedia

Perkembangan perdagangan online atau e-commerce yang pesat menjadi sebuah fenomena baru dalam ekonomi di Indonesia. Fakta ini diharapkan bisa memberikan lebih banyak dampak positif dalam mensejahterakan pemerataan ekonomi secara digital di bumi Nusantara.

Hal ini berkaitan dengan kondisi negara Indonesia yang sangat luas, terdiri dari 16 ribu pulau dengan jumlah penduduk sekitar 240 juta jiwa merupakan tantangan tersendiri bagi negara untuk melakukan pemerataan pembangunan ekonomi di segala bidang.

https://cdn-assetd.kompas.id/lYMfFCyTGXQ4-LEmTY2ZOJjFW6Q=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F2808-TOKOPEDIA_2-720x405.jpg

Fakta transaksi melalui e-commerce yang tinggi harus bisa dimanfaatkan untuk terwujudnya pemerataan ekonomi di Indonesia. Hal ini bisa dilakukan jika bisnis e-commerce tersebut bisa merangkul sektor ekonomi lokal seperti pertanian, perkebunan, perikanan bahkan UMKM di seluruh daerah dapat berperan secara aktif dalam perdagangan berbasis digital ini.

Dengan adanya teknologi, diharapkan bisa memutus mata rantai yang panjang dalam proses distribusi, sehingga semakin mendekatkan produsen dengan konsumen serta harga pasar pun tetap kompetitif dan sehat.

Pemerintah meyakini para pelaku usaha di pedesaan dan juga UMKM daerah bisa mempunyai peranan penting jika mampu bersahabat dengan kecanggihan teknologi. Dengan demikian para pelaku usaha lokal bisa meningkatkan produktivitas serta kesejahteraannya.

https://cdn-assetd.kompas.id/1_wbqsaRy5hVGvHH_3yaPTVfhfY=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F2808-TOKOPEDIA_3-720x405.jpg

Tentu kita juga berharap pemerintah juga turut memberikan dukungannya untuk membangun infrastruktur untuk mewujudkan perdagangan melalui media digital hingga ke desa dan pelosok-pelosok. Bisa dikatakan hingga kini kebutuhan internet juga belum merata di seluruh Indonesia. Namun, jika melihat geliat dan respon positif dari masyarakat dan pelaku bisnis, tidak menutup kemungkinan infrastruktur internet akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

Selain itu, tantangan terberat lainnya adalah memastikan bisnis e-commerce sepenuhnya aman, sehingga mendapat kepercayaan di hati masyarakat. Menurut data pada 2016 dari Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 30 persen dari total 130 juta pengguna yang melakukan transaksi via internet di Indonesia merasa belum mendapatkan keamanan dalam pengalaman bertransaksi online.

https://cdn-assetd.kompas.id/n0_cajFnuKNxoo4XImvh_L2StLM=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F2808-TOKOPEDIA_1-720x405.jpg

Untuk menyiasatinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat memilih e-commerce untuk bertransaksi. Salah satunya dengan memastikan kredibilitas e-commerce. Perhatikan apakah e-commerce tersebut baik dan peduli terhadap merchant/penjual dan juga kepada pembeli dengan menawarkan banyak pilihan produk yang bisa didapatkan dengan harga terbaik dan transparan. Semakin banyak jumlah produk yang telah dibeli dan mendapatkan ulasan yang baik, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat untuk merekomendasikan pengalaman di e-commerce tersebut kepada khalayak banyak.

Untuk kenyamanan transaksi e-commerce yang memuaskan, Anda bisa bertransaksi di Tokopedia. Tokopedia adalah platform jual beli online yang menjadi pioneer dalam menghubungkan kepercayaan antara penjual dan pembeli di seluruh Indonesia. Tokopedia mampu menjawab tantangan tersebut dengan memastikan kepuasan penggunanya, sehingga menjadi situs nomor 1 di Indonesia dengan 150 juta kunjungan per bulan versi similarweb.com.

https://cdn-assetd.kompas.id/gmvo2g4kYM-Pkr40nZX5wXFYpNM=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F2808-TOKOPEDIA_5-720x405.jpg

Tokopedia telah membantu lebih dari 2 juta UMKM dan brand lokal yang menawarkan lebih dari 60 juta jenis produk dengan harga transparan yang bisa dinikmati dari Sabang hingga Merauke. Tokopedia juga mendukung misi pemerintah untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital sehingga para pengusaha lokal memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitasnya.

Kepedulian inilah yang membuat Tokopedia terus memberikan pelayanan terbaik melalui beragam fitur, penawaran menarik, serta inovasi yang dipersembahkan untuk Indonesia yang lebih baik.

Di Tokopedia, Anda bisa menikmati 5 layanan yang akan melengkapi kebutuhan dengan segala kemudahannya. Mulai dari layanan “Jual”. Di layanan ini Anda bisa membuka toko sendiri dan menjual atau memasarkan produk Anda lebih luas lagi. Ada juga layanan “Beli”. Layanan ini menyediakan puluhan juta jenis produk dan juga merek resmi, produk lokal, dan digital (pulsa, voucher game).

https://cdn-assetd.kompas.id/iOzsKyN7N7QeBsfW4etkz-MPN8I=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F2808-TOKOPEDIA_4-720x405.jpg

Layanan “Bayar” memungkinkan Anda membayar tagihan listrik, air PDAM, berkurban online, hingga zakat. Layanan “Pesan” tiket Kereta Api, dan Wahana Hiburan tanpa perlu antri. Ada juga layanan Pengajuan aplikasi untuk asuransi, pinjaman dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang lebih mudah.

Silakan unduh aplikasi Tokopedia atau kunjungi www.tokopedia.com untuk menikmati pengalaman transaksi online nyaman yang akan menjawab berbagai kebutuhan Anda. Karena semua transaksi untuk kemudahan hidup Anda, dimulai dari Tokopedia. [*/INO]

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000