Megabuild Indonesia dan Keramika 2019 kembali digelar. Berlangsung pada 14–17 Maret 2019 di Jakarta Convention Center, ekshibisi ini diresmikan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Foto-foto: Iklan Kompas/ Ajeng Kristianti.

Selama empat hari, pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik tersebut diikuti lebih dari 500 merek ternama. Salah satunya PT Propan Raya, perusahaan cat nasional yang dikenal dengan produk-produk ramah lingkungan.

Disaksikan oleh Wakil Presiden RI, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) menandatangani kontrak kerja sama MOU dengan Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) dan mitra strategis lainnya dalam rangka memajukan industri konstruksi nasional.

Penandatanganan kerja sama MOU antara Gapensi dengan APCI dan mitra strategis lainnya dilaksanakan di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Yang menandatangani kerja sama MOU ini adalah Ketua Umum Gapensi Iskandar Z Hartawi; Ketua APCI Kris Rianto Adidarma; dan ketua mitra strategis lainnya.

“Dengan adanya penandatanganan MOU ini, seluruh mitra, termasuk APCI, akan membantu memenuhi segala macam kebutuhan konstruksi sesuai dengan kesepakatan MOU yang telah disepakati. Kami siap memajukan industri konstruksi nasional lewat material finishing cat,” ucap Kris yang juga menjabat CEO PT Propan Raya.

Di sisi lain, “Cari Cat Cari Propan” menjadi slogan yang digaungkan Propan Raya pada pameran Megabuild Indonesia 2019. Sebagai perusahaan cat asli Indonesia, Propan Raya berkomitmen mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui beragam inovasi produknya.

Inovasi pun didukung proses produksi yang mutakhir dan modern, melalui  pabrik cat Propan Dekorindo Raya. Tujuan didirikan pabrik cat ini adalah untuk menghasilkan cat berkualitas dunia.

Cat ramah lingkungan

“Kami berkomitmen untuk menjadi perusahaan cat ramah lingkungan. Dengan dibangunnya Propan Dekorindo Raya, kami mampu menciptakan produk cat yang ramah lingkungan dengan standar internasional dan berkualitas dunia,” ucap Presiden Direktur PT Propan Raya Hendra Adidarma.

Dalam konferensi pers yang diadakan Kamis (14/3/2019) di booth Propan, Kris mengatakan bahwa propan menjadi perusahaan cat Indonesia pertama yang mendapat sertifikasi Green Label dari Singapura. Hal ini tentu menguatkan komitmen Propan untuk menghasilkan produk cat ramah lingkungan.

 Berkelas dunia

Beragam produk cat inovasi berkelas dunia ini dapat dilihat pada pameran Megabuild Indonesia 2019. Produk ini meliputi Décor Leganza Series, Décor Stuco Series, Go Fast A-1000, Aqua Stone Care, Sengkote, Ultraproof, Ultraflex Membrane, Propan Acrylux, Propan Aqua Putty, Propan Aqua Lasur, Propan Woodstain, Ultran Weathered, Propan Polymer Flooring System, dan beragam produk lainnya.

Dari sekian banyak cat yang dipamerkan, inilah produk inovasi terbaru Propan Raya.

  1. Go Fast A-1000

Cat sintetis berpengencer air (water based) dengan kecepatan kering yang lebih cepat (dua jam). Sementara, cat sintetis berbahan dasar tiner waktu keringnya 6–8 jam. Kelebihan lain, cat ini mempunyai daya lekat kuat, daya tutup baik, tahan cuaca, mudah diaplikasi, warna tahan lama, tidak mudah pudar, dan dapat diaplikasi ke berbagai jenis substrat.

  1. Ultraflex Membrane

Cat pelapis antibocor (water proofing) kedap air satu komponen berbahan dasar Modified Polyurethane Acrylic Water Based yang ramah lingkungan. Cat ini dapat melindungi atap dak beton dari air hujan, kebocoran, dan sinar matahari. Dibandingkan waterproofing lainnya, produk ini lebih tahan UV dan tahan rendam. Aplikasinya pun mudah, tinggal dikuas dengan roll.

  1. Ultran Weathered Wood Finish

Cat berbasis air yang dapat menciptakan tampilan kayu terkesan kayu kuno, lama, atau lapuk. Produk ini akan bereaksi dengan kayu sehingga menghasilkan tampilan warna abu-abu tua unik.

  1. Epogreen

Cat epoxy water based ramah lingkungan. Epogreen mampu membentuk lapisan film yang lebih fleksibel dibandingkan epoxy solvent based. Tersedia seri Epogreen EPG-237-2K WB untuk aplikasi interior dan Epogreen EPG-233-2K WB untuk aplikasi eksterior. Produk ini dapat diaplikasikan di lantai parkir, area perkantoran, butik, pusat perbelanjaan, gudang, dan masih banyak lagi.

Yang menarik, beragam produk ini tak hanya dapat Anda temukan di tanah air. Produk cat Propan Raya sudah menjangkai luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, dan Myanmar. Bahkan, khusus di Vietnam Propan sudah memiliki pabrik dan kantor cabang. Sementara di Myanmar, Propan Raya sedang membangun pabrik dan kantor cabang baru.

Kris mengungkapkan bahwa kehadiran Propan Raya di pameran Megabuild 2019 untuk semakin mengenalkan produk Propan kepada masyarakat umum. Di samping itu,  Kris menegaskan bahwa Propan Raya tak hanya hadir memamerkan produknya. “Propan Raya hadir dengan beragam edukasi terkait pengecatan yang bisa membuat pengunjung terinspirasi untuk mengaplikasikannya,” ucapnya. Edukasi ini akan dikemas dalam bentuk talkshow ataupun demo.

Tak hanya itu. Setiap pengunjung yang bertransaksi selama pameran Megabuild 2019 berlangsung, bisa mendapatkan voucer diskon pembelian cat dari Propan Raya. Menariknya lagi, Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan para ahli di bidang pengecatan. [*/AJG]