David Foster akan kembali menggelar konser di Indonesia. Setelah sukses dengan konsernya di Yogyakarta tahun lalu, Sang “Hitman” akan menggelar tur dua kota di Surabaya (22 Maret 2018) dan Surakarta (24 Maret 2018). Konser kali ini terasa lebih spesial karena dihelat di salah satu tempat bersejarah di Indonesia, yaitu De Tjolomadu, eks pabrik gula (PG) Colomadu di Karanganyar, Jawa Tengah.

David Foster merupa­kan musisi sekaligus kom­­po­ser kelas dunia. Sepan­­jang karier ber­­mu­­sik sejak 1980-an, ia telah meraih 16 kali Grammy Awards se­bagai pro­duser, pencipta lagu, dan penata musik. Peraih Golden Globe Award 1998 ini akan ber­kola­bo­rasi ber­sama Brian McKnight dan Anggun C Sasmi.

Anggun, penyanyi kelahiran Indonesia yang kini memiliki karier internasional merupakan rekan juri David Foster di ajang pencarian bakat Asia’s Got Talent. Kolaborasi Anggun dengan David Foster tentu akan menjadi suguhan apik nan memukau.

“Di Indonesia, David Foster sangat terkenal dan legend. Untuk itu, kami bawa ke Surabaya dan Surakarta untuk menggelar sebuah konser yang lebih berkualitas,” CEO Rajawali Indonesia Communication Anas Syahrul Alimi yang dipercaya sebagai event consultant konser “Hitman David Foster & Friends”.

Konser David Foster kali ini dihelat sebagai penanda selesainya tahap pertama revitalisasi eks PG Colomadu oleh konsorsium BUMN, antara lain PT PP (Persero) Tbk, PT PP Properti Tbk, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Jasa Marga Properti. Konser ini akan bertempat di convention hall yang berkapasitas hingga 3.000 orang.

Revitalisasi PG Colomadu

“Konser ini bertujuan sebagai pemberutahuan kepada publik, bahwa De Tjolomadoe menjadi sebuah peninggalan sejarah yang bisa dimanfaatkan dan bernilai tinggi,” terang Presiden Direktur PT PP Persero Tbk Tumiyana.

Menyaksikan konser kelas dunia di De Tjolomadu akan menjadi peng­alaman unik dan menarik. Pabrik gula yang telah berdiri sejak 1861 ini menjadi aset bersejarah negara. Konsep revita­lisasinya pun tidak meninggalkan bentuk asli bangunan. Sehingga, pe­­ngunjung bisa menyaksikan bentuk asli bangunan dan mesin-mesin penggiling tebu yang bersejarah.

Tumiyana menyampaikan, dalam sejarahnya PG Colomadu pernah mencapai masa kejayaan dengan mela­kukan ekspor gula pada 1928. Kemudian, pada 1947, dilakukan nasionalisasi aset oleh negara termasuk perkebunan milik Mangkunegaran. Dalam perjalanannya, PG Colomadu kemudian dikelola oleh PTPN VIII dan IX hingga berhenti beroperasi pada 1998.

Proses revitalisasi eks PG Colomadu dimulai pada 8 April 2017 oleh menteri BUMN. Optimalisasi bangunan tahap pertama dilakukan di atas lahan seluas 9 hektar. Dinding-dinding dicat ulang. Cerobong asap tetap dipertahankan sekaligus diperkuat sebagai landmark De Tjolomadoe. Sementara, mesin-mesin yang berkarat telah dibersihkan dan dicat ulang sebagaimana warna aslinya.

“Melalui konser ini sekaligus menunjukkan bahwa De Tjolomadoe bisa menjadi pusat kesenian, pusat aktivitas publik, museum, sekaligus tempat untuk menggelar meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) berkelas nasional di Karanganyar,” lengkap Tumiyana.

Respons positif

Gelaran konser internasional pertama di wilayah Surakarta ini men­dapatkan respons baik dari publik. Tiket konser untuk beberapa kelas sudah mulai terjual habis. Hal tersebut tidak terlepas dari antusiasme publik lintas generasi yang ingin menyaksikan konser The Hitman.

“David Foster merupakan musisi besar yang bisa menggaet lintas generasi. Lagu-lagunya abadi dan dikenal oleh hampir semua usia,” jelas Tumiyana.

Sementara itu, menurut Anas, akan ada artis Indonesia lainnya yang akan tampil di Surabaya dan Karanganyar. Akan tetapi, pihaknya selaku event consultant belum bisa mengumumkan nama pastinya. “Kami masih menunggu kabar dari manajemen David Foster dan akan kami umumkan segera,” paparnya.

Tiket konser David Foster di Dyandra Convention Center, Surabaya; dan De Tjolomadoe, Karanganyar dibagi menjadi 4 kelas, yaitu Diamond, Platinum, Gold, dan Festival. Harga tiket mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 5 juta. Penjualan tiket sudah bisa dipesan secara on-line melalui www.tiketapasaja.com, tiket.com, goersapp.com, kiostix.com, dan blanja.com.

Anas kembali menyampaikan, persiapan konser sudah mencapai 90 persen. Konser yang berdurasi hampir 3 jam ini akan dimulai pukul 20.00. Konser di dua tempat ini tentunya akan memberikan kejutan dan pengalaman unik bagi penonton. “David Foster gemar memberikan kejutan dan aksi berbeda pada setiap penampilannya,” pungkas Anas.

Untuk informasi lebih lanjut terkait konser ini dapat diikuti melalui akun Instagram official @rajawaliindonesiacomm, Twitter @RajawaliIndo dan Facebook Page Rajawali Indonesia Communication, pasang tagar #DavidFosterSURABAYA dan #DavidFosterSURAKARTA atau menghubungi hotline (0274) 521328 dan 082226664343. [*]