Mendobrak Dominasi Kosmetik Internasional
Kosmetik dan perempuan, dua hal yang tak terpisahkan. Mereka saling melengkapi dan membutuhkan. Jadi, tidak heran jika kosmetik telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh para perempuan, tak peduli pada latar belakang dan statusnya. Namun, kehadiran kosmetik tidak semata untuk kepentingan pribadi.
Sejalan dengan perkembangan mode, film, fotografi maupun media sosial terutama di negara-negara industri, membawa dampak lebih luas bagi perkembangan industri kosmetik. Menilik sejarah dunia kosmetik, dalam beberapa dekade pertama abad ke-20, diperkenalkan beragam produk kosmetik yang tidak hanya cocok untuk riasan sehari-hari, tetapi juga amat berguna dalam tata rias panggung dalam bidang film dan teater, seperti lipstik, lipgloss, maskara, dan eyeliner.
Perkembangan industri kosmetik yang pesat juga terjadi di Tanah Air. Baik kosmetik untuk kepentingan pribadi maupun profesional make up. Nyatanya, ketika industri kosmetik lokal di Indonesia sedang merayap naik, kita masih dihadapi dengan masuknya produk kosmetik luar negeri ke Tanah Air. Kehadiran mereka semakin terasa dengan gencarnya media sosial yang banyak menayangkan kelebihan brand luar negeri.
Kekuatan lokal yang kaya akan kelebihan
Martha Tilaar Group sebagai salah satu perusahaan lokal Tanah Air yang tidak bisa diabaikan kehadirannya berani menjawab gempuran kosmetik luar. Empat puluh sembilan tahun berkecimpung di industri kosmetik menjadikan Martha Tilaar Group sangat piawai bermain di dunia kecantikan perempuan Indonesia, mulai dari perawatan tubuh hingga profesional make up.
PAC (Professional Artist Cosmetic), salah satu brand yang dikeluarkan Martha Tilaar Group, sejak resmi diluncurkan pada Agustus 1997, menempati posisinya sebagai produk lokal kelas premium baik untuk kebutuhan industri film, pertunjukan dan mode. Saat itu, DR (HC) Martha Tilaar, pendiri Martha Tilaar Group, terinspirasi untuk menciptakan produk tata rias yang high pigmented dan memiliki warna intens, tidak terpengaruh jarak dan cahaya ketika dipakai di panggung. Martha Tilaar Group bahkan melakukan kolaborasi dengan almarhum Teguh Karya untuk mendapatkan tata rias panggung sesuai kebutuhan. Hal ini membuktikan bahwa dalam menciptakan suatu produk, Martha Tilaar Group cukup serius sesuai kebutuhan konsumen.
Bukan hanya itu, sejak awal digagas, tim riset Martha Tilaar Group membuat PAC dengan formula yang sesuai kebutuhan konsumen segmen profesional make up yang tahan lama, waterproof, high coverage, tahan terhadap paparan cahaya lampu dan panas matahari. Hal inilah yang menjadikan PAC dikenal sebagai pionir kosmetik lokal dengan kualitas internasional.
Dengan segala keunggulannya, selain untuk kebutuhan profesional, PAC juga menjadi produk andalan untuk dipakai sehari-hari. Ini karena PAC selalu mengikuti perkembangan pasar yang sangat memahami karakter perempuan Asia. Menurut pendapat beberapa make up artist (MUA) Indonesia, PAC mampu menunjukkan detail wajah lebih natural. Coverage-nya lebih ringan dan tidak menjadikan riasan tampak tebal. Selain itu, PAC mampu membuat orang tampak cantik dan menarik dengan tidak “mengubah” wajah dan karakter dirinya. Selain itu, range warna yang dimiliki PAC sangat beragam, dari warna-warna natural hingga warna-warna khusus sesuai kepentingan dunia pertunjukan dan film.
Pada usianya yang ke-22 pada tahun ini, PAC semakin mengukuhkan posisinya sebagai kosmetik premium lokal yang mampu disejajarkan dengan kosmetik luar negeri. Hal ini semakin diperkuat dengan dukungan Pemerintah, seperti yang dikatakan Presiden Jokowi pada Hari Diskon Belanja (HBD) Indonesia 2019 lalu bahwa merek-merek lokal harus mampu menembus pasar dunia.
Pemerintah juga siap membantu merek-merek lokal yang sudah memiliki desain dan kemasan berstandar internasional untuk bisa dipromosikan di luar negeri. Nyatanya, PAC sejak beberapa tahun terakhir sudah berhasil dipasarkan di beberapa negara dengan permintaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.
Berinovasi dan kolaborasi tiada henti
Terus berinovasi dan berkolaborasi di berbagai gelaran nasional dan internasional adalah satu cara PAC untuk mempertahankan posisi sebagai pionir kosmetik lokal untuk tata rias panggung dan kebutuhan end user profesional. Martha Tilaar Group di bawah divisi riset Martha Tilaar Innovation Center, terus melakukan inovasi sesuai perkembangan dunia kosmetik dengan memprioritaskan kualitas tinggi dan dipasarkan dengan harga terjangkau.
Salah satu inovasi yang telah dilakukan adalah dengan hadirnya Studio Coverage series, make up yang mampu menjawab tantangan dunia fotografi dengan semakin canggihnya kamera yang digunakan para profesional. Dan, pada tahun ini, PAC meluncurkan Satin Matte Lip Cream dengan 11 varian warna. Formulanya yang matte, tetapi tetap lembut di bibir menjadikan bibir terasa ringan saat memakainya.
Service excellent juga menjadi nilai lebih untuk terus terdepan. Di setiap Martha Tilaar Shop yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, konsumen bersama komunitas bisa mendapatkan make up experience dengan mengikuti Beauty Reborn Activity. Menggandeng MUA juga menjadi cara PAC untuk terus dekat dengan konsumen. Jika sebelumnya PAC aktif melibatkan para MUA hasil kompetisi Gading Beauty Award (kompetisi make up dalam ajang Jakarta Fashion and Food Festival/JFFF), pada tahun 2017 PAC membuat wadah komunitas MUA dalam portal PAC MUAster.
Hingga tahun 2019 ini, telah tergabung sekitar 500 MUA dari seluruh Tanah Air. Komunitas ini memfasilitasi para MUA untuk berkreasi dan secara rutin mengadakan challenge event untuk menampilkan kreativitas MUA.
Festival mode ternama yang diadakan di Ibu Kota juga sudah menjadi kegiatan rutin PAC yaitu Jakarta Fashion and Food Festival yang sudah terjalin sejak 16 tahun. JFFF selalu menjadikan PAC sebagai official make up untuk pergelaran busananya. Dan di tahun ini, PAC juga mengadakan beragam kegiatan yaitu PAC MUAster Competition bertajuk xPACtation. Perhelatan mode di Tanah Air sudah tentu mendapat apresiasi, namun PAC tidak berhenti sampai di situ. PAC juga menyandang official make up untuk Hong Kong Fashion Week dan Islamic Fashion Festival di Kuala Lumpur.
Keterlibatan PAC dalam dunia teater juga patut diperhitungkan. Sejak 2004, PAC dipercaya sebagai official make up world class theater I La Galigo dan ini berarti sudah 15 tahun PAC menjadi bagian dari pertunjukan teater kelas dunia yang dipentaskan di berbagai negara. Tahun ini, ketika I La Galigo diadakan di Jakarta, ternyata antusiasme penonton terhadap make up yang ditampilkan luar biasa. Suatu kebanggaan tersendiri bagi PAC. Pertunjukan teater lain yang rutin bekerja sama dengan PAC adalah Teater Koma, yang selalu menampilkan tema segar dan baru di setiap pertunjukannya, memberi tantangan tersendiri bagi PAC untuk terus berkreasi.
PAC juga melakukan kolaborasi dengan beberapa penyanyi Tanah Air dan mancanegara. Sebut saja, Krisdayanti yang saat menggelar salah satu konser akbarnya, melibatkan PAC dengan meluncurkan Lipstick PAC KD Life no 40 Limited Edition. Hal lain yang patut dicatat juga adalah ketika PAC menjadi official make up untuk video klip penyanyi mancanegara, Kimbra. Selain itu, PAC menghadirkan penyanyi Monday Michiru dalam ajang Java Jazz Festival dan Sophie Ellis-Bextor di ajang Asian PAC Beauty Awards.
Rentetan perjalanan panjang PAC selama 22 tahun ini menjadikan PAC berada di jajaran teratas kosmetik lokal yang diakui dunia. Gempuran kosmetik internasional tidak menjadikan PAC semakin surut, tetapi semakin kuat dengan segala inovasi dan kelebihannya. [*]
SATIN MATTE LIPCREAM
“More color, more playfull”
Jika ditanyakan kepada beberapa perempuan, make up apa yang hampir selalu dibawa ke mana pun? Sebagian besar pasti menjawab lip cream, lipstick, atau lip tint.
Kosmetik untuk bibir memang wajib dibawa untuk touch up agar penampilan diri makin menarik. Tak jarang seorang perempuan mengalami kegalauan saat memilih produk lipstik, terutama untuk hasil akhir matte karena bibir akan terasa berat setelah pemakaian. Namun, kini, Anda tidak perlu worry lagi untuk dapatkan matte finish dan pigmented, tetapi tetap terasa ringan di bibir. PAC Satin Matte Lip Cream adalah jawabannya.
Baru-baru ini, PAC mengeluarkan 4 shade terbaru untuk series ini yang melengkapi 7 shade sebelumnya. Pilihan warna intense bisa jadi warna favorit Anda mulai dari nude, peach, pink, hingga red bold sehingga Anda bisa berekspresi bebas dan lebih playful dengan gaya apa pun. Dari natural, glamour hingga glowing look untuk dikenakan sehari-hari maupun saat acara spesial untuk mendukung #LipXpactation Anda.
Formula yang digunakan di PAC Satin Matte Lip Cream dapat melembabkan bibir, tetapi teksturnya tidak lengket dan no cracking. Tak hanya itu saja, lip cream ini dilengkapi UV protection untuk menangkal pengaruh buruk sinar matahari, Bisabolol sebagai antiradang dan antiradiasi, serta vitamin E dan moisturizer complex untuk menjaga kelembaban bibir.
Produk ini juga telah diproduksi menggunakan konsep “Clean Beauty” yaitu telah diujikan secara dermatologis sehingga aman digunakan sehari-hari, 100 persen halal, bebas dari zat berbahaya paraben. Dalam proses pembuatannya juga mengedepankan keramahan lingkungan dan no animal testing.
Saat ini PAC Satin Matte Lip Cream khusus 4 warna terbarunya dijual di Jakarta Fashion and Food Festival yang berlangsung pada 8 Agustus–9 September 2019 di Summarecon Mall Kelapa Gading. Dapatkan juga promosi menarik untuk produk-produk PAC lainnya. [*]