logo Kompas.id
TajaMendobrak Dominasi Kosmetik...

Mendobrak Dominasi Kosmetik Internasional

PAC
Artikel ini merupakan kerja sama antara harian Kompas dan PAC.
· 7 menit baca

Kosmetik dan perempuan, dua hal yang tak terpisahkan. Mereka saling melengkapi dan membutuhkan. Jadi, tidak heran jika kosmetik telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh para perempuan, tak peduli pada latar belakang dan statusnya. Namun, kehadiran kosmetik tidak semata untuk kepentingan pribadi.

Sejalan dengan perkem­bangan mode, film, foto­grafi maupun me­dia sosial terutama di negara-negara industri, membawa dampak lebih luas bagi perkembangan industri kosmetik. Menilik sejarah dunia kosmetik, dalam beberapa dekade pertama abad ke-20, diperkenalkan beragam produk kosmetik yang tidak hanya cocok untuk riasan sehari-hari, tetapi juga amat berguna dalam tata rias panggung dalam bidang film dan teater, seperti lipstik, lipgloss, maskara, dan eyeliner.

https://cdn-assetd.kompas.id/eKV1naKweeFbLpiuEQIBIsTRzLU=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2408-PAC-TAJA_7-720x405.jpg

Perkembangan industri kosmetik yang pesat juga terjadi di Tanah Air. Baik kosmetik untuk kepentingan pribadi maupun profesional make up. Nyatanya, ketika industri kos­­metik lokal di Indonesia sedang merayap naik, kita masih dihadapi dengan masuknya produk kosmetik luar negeri ke Tanah Air. Kehadiran mereka semakin terasa dengan gen­carnya media sosial yang banyak mena­yangkan kelebihan brand luar negeri.

Kekuatan lokal yang kaya akan kelebihan

Martha Tilaar Group sebagai salah satu perusahaan lokal Tanah Air yang tidak bisa diabaikan ke­hadirannya berani menjawab gem­puran kosmetik luar. Empat puluh sembilan tahun berkecimpung di industri kosmetik menjadikan Martha Tilaar Group sangat piawai bermain di dunia kecantikan perempuan Indonesia, mulai dari perawatan tubuh hingga profesional make up.

PAC (Professional Artist Cos­metic), salah satu brand yang dike­luarkan Martha Tilaar Group, sejak resmi diluncurkan pada Agustus 1997, menempati posisinya sebagai produk lokal kelas premium baik untuk kebutuhan industri film, pertunjukan dan mode. Saat itu, DR (HC) Martha Tilaar, pendiri Martha Tilaar Group, terinspirasi untuk menciptakan produk tata rias yang high pigmented dan memiliki warna intens, tidak terpengaruh jarak dan cahaya ketika dipakai di panggung. Martha Tilaar Group bahkan melakukan kolaborasi dengan almarhum Teguh Karya untuk men­dapatkan tata rias panggung sesuai kebutuhan. Hal ini membuktikan bahwa dalam menciptakan suatu produk, Martha Tilaar Group cukup serius sesuai kebutuhan konsumen.

https://cdn-assetd.kompas.id/bqzOWfWehfWEjsadXz9P0iErAOY=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2408-PAC-TAJA_5-720x405.jpg
Kompas

FOTO-FOTO: DOK PAC

Bukan hanya itu, sejak awal digagas, tim riset Martha Tilaar Group membuat PAC dengan formula yang sesuai kebutuhan konsumen segmen profesional make up yang tahan lama, waterproof, high coverage, tahan terhadap paparan cahaya lampu dan panas matahari. Hal inilah yang menjadikan PAC dikenal sebagai pionir kosmetik lokal dengan kualitas internasional.

Dengan segala keunggulannya, selain untuk kebutuhan profesional, PAC juga menjadi produk andalan untuk dipakai sehari-hari. Ini karena PAC selalu mengikuti perkem­bangan pasar yang sangat memahami karakter perempuan Asia. Menurut pendapat beberapa make up artist (MUA) Indonesia, PAC mampu menunjukkan detail wajah lebih natural. Coverage-nya lebih ringan dan tidak menjadikan riasan tampak tebal. Selain itu, PAC mampu membuat orang tampak cantik dan menarik dengan tidak “mengubah” wajah dan karakter dirinya. Selain itu, range warna yang dimiliki PAC sangat beragam, dari warna-warna natural hingga warna-warna khusus sesuai kepentingan dunia pertunjukan dan film.

Pada usianya yang ke-22 pada tahun ini, PAC semakin mengu­kuhkan posisinya sebagai kosmetik premium lokal yang mampu diseja­jarkan dengan kosmetik luar negeri. Hal ini semakin diperkuat dengan dukungan Pemerintah, seperti yang dikatakan Presiden Jokowi pada Hari Diskon Belanja (HBD) Indonesia 2019 lalu bahwa merek-merek lokal harus mampu menembus pasar dunia.

Pemerintah juga siap mem­­­bantu merek-merek lokal yang sudah memiliki desain dan kemasan berstandar internasional untuk bisa dipromosikan di luar negeri. Nyatanya, PAC sejak beberapa tahun terakhir sudah berhasil dipasarkan di beberapa negara dengan permintaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berinovasi dan kolaborasi tiada henti

Terus berinovasi dan berkola­borasi di berbagai gelaran nasional dan inter­nasional adalah satu cara PAC untuk mempertahankan posisi sebagai pionir kosmetik lokal untuk tata rias panggung dan kebutuhan end user profesional. Martha Tilaar Group di bawah divisi riset Martha Tilaar Innovation Center, terus melakukan inovasi sesuai perkem­bangan dunia kosmetik dengan memprioritaskan kualitas tinggi dan dipasarkan dengan harga terjangkau.

Salah satu inovasi yang telah dilakukan adalah dengan hadirnya Studio Coverage series, make up yang mampu menjawab tantangan dunia fotografi dengan semakin canggihnya kamera yang digunakan para profesional. Dan, pada tahun ini, PAC meluncurkan Satin Matte Lip Cream dengan 11 varian warna. Formulanya yang matte, tetapi tetap lembut di bibir menjadikan bibir terasa ringan saat memakainya.

https://cdn-assetd.kompas.id/j9TweZ7yYX8oKLOh9-4VkE0tLTI=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2408-PAC-TAJA_3-720x405.jpg

Service excellent juga menjadi nilai lebih untuk terus terdepan. Di setiap Martha Tilaar Shop yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, konsumen bersama komunitas bisa mendapatkan make up experience dengan mengikuti Beauty Reborn Activity. Menggandeng MUA juga menjadi cara PAC untuk terus dekat dengan konsumen. Jika sebelumnya PAC aktif melibatkan para MUA hasil kompetisi Gading Beauty Award (kompetisi make up dalam ajang Jakarta Fashion and Food Festival/JFFF), pada tahun 2017 PAC membuat wadah komunitas MUA dalam portal PAC MUAster.

Hingga tahun 2019 ini, telah tergabung sekitar 500 MUA dari seluruh Tanah Air. Komunitas ini memfasilitasi para MUA untuk berkreasi dan secara rutin mengadakan challenge event untuk menampilkan kreativitas MUA.

https://cdn-assetd.kompas.id/l-uBVQ1MdTIIhU2Z4uoACFXcbCI=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2408-PAC-TAJA_1-720x405.jpg

Festival mode ternama yang di­adakan di Ibu Kota juga sudah men­jadi kegiatan rutin PAC yaitu Jakarta Fashion and Food Festival yang sudah terjalin sejak 16 tahun. JFFF selalu menjadikan PAC sebagai official make up untuk pergelaran bu­sananya. Dan di tahun ini, PAC juga mengadakan beragam kegiatan yaitu PAC MUAster Competition bertajuk xPACtation. Perhelatan mode di Tanah Air sudah tentu men­dapat apresiasi, namun PAC tidak berhenti sampai di situ. PAC juga menyandang official make up un­tuk Hong Kong Fashion Week dan Islamic Fashion Festival di Kuala Lumpur.

Keterlibatan PAC dalam dunia teater juga patut diperhitungkan. Sejak 2004, PAC dipercaya sebagai official make up world class theater I La Galigo dan ini berarti sudah 15 tahun PAC menjadi bagian dari pertunjukan teater kelas dunia yang dipentaskan di berbagai negara. Tahun ini, ketika I La Galigo diadakan di Jakarta, ternyata antusiasme penonton terhadap make up yang ditampilkan luar biasa. Suatu kebanggaan tersendiri bagi PAC. Pertunjukan teater lain yang rutin bekerja sama dengan PAC adalah Teater Koma, yang selalu me­nampilkan tema segar dan baru di setiap pertunjukannya, memberi tantangan tersendiri bagi PAC untuk terus berkreasi.

https://cdn-assetd.kompas.id/aEtcfPRaojPyKYNITRR1AvvDOis=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2408-PAC-TAJA_11-720x405.jpg

PAC juga melakukan kolaborasi dengan beberapa penyanyi Tanah Air dan mancanegara. Sebut saja, Krisdayanti yang saat menggelar salah satu konser akbarnya, melibatkan PAC dengan meluncurkan Lipstick PAC KD Life no 40 Limited Edition. Hal lain yang patut dicatat juga adalah ketika PAC menjadi official make up untuk video klip penyanyi man­canegara, Kimbra. Selain itu, PAC menghadirkan penyanyi Monday Michiru dalam ajang Java Jazz Festival dan Sophie Ellis-Bextor di ajang Asian PAC Beauty Awards.

Rentetan perjalanan panjang PAC selama 22 tahun ini menjadikan PAC berada di jajaran teratas kosmetik lokal yang diakui dunia. Gempuran kosmetik internasional tidak menjadikan PAC semakin surut, tetapi semakin kuat dengan segala inovasi dan kelebihannya. [*]

SATIN MATTE LIPCREAM

“More color, more playfull”

Jika ditanyakan kepada beberapa perempuan, make up apa yang hampir selalu dibawa ke mana pun? Sebagian besar pasti menjawab lip cream, lipstick, atau lip tint.

Kosmetik untuk bibir memang wajib dibawa untuk touch up agar penampilan diri makin menarik. Tak jarang seorang perem­puan mengalami kegalauan saat memilih produk lipstik, terutama untuk hasil akhir matte karena bibir akan terasa berat setelah pemakaian. Namun, kini, Anda tidak perlu worry lagi untuk dapatkan matte finish dan pigmented, tetapi tetap terasa ringan di bibir. PAC Satin Matte Lip Cream adalah jawabannya.

https://cdn-assetd.kompas.id/I2vFTJlYc6F-pMobETeeV9JGIBw=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2408-PAC-TAJA_10-720x405.jpg

Baru-baru ini, PAC mengeluarkan 4 shade terbaru untuk series ini yang melengkapi 7 shade sebelumnya. Pilihan warna intense bisa jadi warna favorit Anda mulai dari nude, peach, pink, hingga red bold sehingga Anda bisa berekspresi bebas dan lebih playful dengan gaya apa pun. Dari natural, glamour hingga glowing look untuk dikenakan sehari-hari maupun saat acara spesial untuk mendukung #LipXpactation Anda.

Formula yang digunakan di PAC Satin Matte Lip Cream dapat melembabkan bibir, tetapi teksturnya tidak lengket dan no cracking. Tak hanya itu saja, lip cream ini dilengkapi UV protection untuk menangkal pengaruh buruk sinar matahari, Bisabolol sebagai antiradang dan antiradiasi, serta vitamin E dan moisturizer complex untuk menjaga kelembaban bibir.

https://cdn-assetd.kompas.id/rED44itH1QhQSnWdYcwVTR_v5PA=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F2408-PAC-TAJA_9-720x405.jpg

Produk ini juga telah diproduksi meng­gunakan konsep “Clean Beauty” yaitu telah diujikan secara dermatologis sehingga aman digunakan sehari-hari, 100 persen halal, bebas dari zat berbahaya paraben. Dalam proses pembuatannya juga mengedepankan keramahan lingkungan dan no animal testing.

Saat ini PAC Satin Matte Lip Cream khusus 4 warna terbarunya dijual di Jakarta Fashion and Food Festival yang berlangsung pada 8 Agustus–9 September 2019 di Summarecon Mall Kelapa Gading. Dapatkan juga promosi menarik untuk produk-produk PAC lainnya. [*]

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000