logo Kompas.ID

Taja

Taja Menemukan Bahagia pada Santapan Istimewa

Menemukan Bahagia pada Santapan Istimewa

Katanya, kunci mendapatkan hati seseorang adalah dengan membahagiakan lidah dan perutnya. Dari impresi pada indera perasa itu, perasaan-perasaan hangat pun mengalir. Makanan, yang jika cocok dengan selera bakal menerbitkan kebahagiaan, memang selalu ampuh jadi cara kita merayakan kasih.

Menyantap makanan memang bukan semata soal mengenyangkan perut. Nyatanya, makanan, selain membuat kita bertahan hidup, memang memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan. Ketika kita mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk tubuh, hal itu bahkan bisa menjadi bentuk penghargaan terhadap kehidupan.

Ada juga makanan-makanan yang memberikan efek kenyamanan di level psikologis. Kita menyebutnya comfort food. Makanan-makanan ini yang biasa dicari ketika suasana hati sedang buruk atau kita tidak enak badan. Jenis makanan ini bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Namun, pada 2005, Cornell University pernah melakukan survei dan mendapati ada perbedaan umum antara perempuan dan laki-laki dalam hal pilihan comfort food. Perempuan lebih senang mencari kegembiraan dari makanan manis, seperti es krim; sementara laki-laki lebih menggemari makanan gurih seperti steik dan sup. Setelah menyantapnya, jadi lebih baiklah suasana hati.

Kini, hari-hari spesial biasa kita rayakan dengan makanan. Lebih istimewa lagi jika makanan tersebut adalah paket yang komplet antara bahan yang berkualitas, pengolahan yang baik, rasa yang lezat, dan nutrisi yang baik. Hari kasih sayang yang kita peringati sebentar lagi layak menjadi momen untuk merayakan makanan yang lezat yang diolah sepenuh hati oleh juru masak berpengalaman. Di Restoran Seia di Jakarta, kita bisa mendapatkan itu.

Kesempatan cicipi menu ala Barat

Untuk merayakan hari kasih sayang, Restoran Seia menghadirkan menu khusus ala Barat pada 14–16 Februari 2020. Sehari-hari, restoran yang terletak di daerah Jalan Jenderal Sudirman ini memang menyajikan masakan Indonesia.

Namun, kali ini Seia menyesuaikan dengan kultur Barat tempat tradisi Valentine berasal. Bagi kita, ini justru menjadi kesempatan langka untuk menjajal olahan berbeda dari juru masak yang menguasai teknik memasak makanan Barat pula.

CAESAR SALAD (FOTO-FOTO: IKLAN KOMPAS/ FELLYCIA NOVKA).

Seia menghadirkan rangkaian menu, dari makanan pembuka sampai penutup. Kita mulai dari caesar salad sebagai pembuka. Konon makanan pembuka haruslah tidak terlalu mengenyangkan, menarik, dan menyegarkan mulut. Caesar salad yang disajikan Seia memenuhi kriteria itu. Kesegaran selada romaine dan gurih crouton berpadu dengan rasa dan aroma khas saus salad dan taburan keju parmesan. Rasa manis tomat yang renyah itu menjadi penyeimbang yang pas untuk caesar salad ini.

SUP JAMUR.

Habis caesar salad, terbitlah sup jamur dengan roti bawang putih kering. Setelah disegarkan, kini mulut dihangatkan untuk menyambut menu utama, steik sirloin. Porsi hidangan utama ini cukup besar. Daging sirloin itu ditemani sayuran rebus dan potato wedges. Saus jamur yang akan kita siram di atasnya adalah pelengkap yang tidak bisa dilewatkan. Dengan kekentalan dan rasa umami yang pas, saus jamur ini begitu cocok dipadu dengan daging yang gurih dan legit. Pesanlah dengan tingkat kematangan medium untuk tekstur terbaik.

STEAK.

Usai menyantap hidangan yang berat itu, manjakan lidah dengan pinapple crumble. Pai nanas dengan taburan crumble ini disajikan bersama es krim vanila dan buah nanas kering. Kombinasi asyik tekstur pai dan crumble yang renyah, manis asam nanas, dan manis es krim vanila. Lidah pun berbahagia.

PINAPPLE CRUMBLE.

Rangkaian makanan yang diramu dengan kepiawaian dan kreativitas juru masak itu sungguh pas untuk merayakan atau mengungkapkan kasih sayang. Untuk orang terkasih, juga diri sendiri. [NOV]

Artikel ini merupakan kerja sama harian Kompas dengan Restoran Seia.