Transaksi nontunai memiliki banyak manfaat. Yang utama, tentu saja masalah kepraktisan karena Anda tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Risiko hilang atau terselip dapat dihindari. Itu sebabnya, pemerintah dan pelaku industri perbankan terus mendorong penggunaan transaksi nontunai.

Di antaranya, Bank Mandiri yang terus mendorong penggunaan mesin electronic data capture (EDC) untuk meningkatkan transaksi pembayaran nontunai. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui Program Undian End of Year EDC Campaign 2019 yang berhadiah 1 unit MINI 3 Door Cooper, 10 voucher travel Dwidaya @Rp.20.000.000 dan 1.000 kartu e-money design premium dengan saldo Rp.100.000. Program ini dilaksanakan mulai 1 Oktober 2019 hingga 31 Januari 2020 mendatang.

Program undian ini diproyeksikan akan meningkatkan transaksi nontunai dan membawa traffic customer yang juga mendukung peningkatan bisnis merchant Bank Mandiri. Hal ini sejalan dengan keinginan perseroan dalam memberikan layanan digital banking yang prima kepada masyarakat dan merchant Bank Mandiri.

Program ini berlaku untuk seluruh pengguna kartu debit dan kartu kredit Bank Mandiri maupun bank lain yang berbelanja di seluruh merchant Bank Mandiri dengan bertransaksi di Mandiri EDC. Transaksi dapat berupa pembelian, Powerbuy (cicilan) maupun Fiestapoin (loyalty redemption).

Jaringan kartu debit dan kredit dengan logo Visa, Mastercard, GPN, Prima, JCB, dan UnionPay juga diterima dalam program ini. Selain itu, pengguna uang elektronik LinkAja tak perlu khawatir, transaksi dengan menggunakan LinkAja dapat berpartisipasi dalam program undian. Program ini merupakan bagian dari benefit bagi merchant dan pelanggan yang menggunakan layanan Bank Mandiri.

Bank Mandiri berharap masyarakat semakin terbiasa bertransaksi menggunakan Mandiri EDC serta merasakan kemudahan bertransaksi dengan Mandiri EDC. Selain program undian yang berjalan ini, Bank Mandiri secara konsisten terus memperkuat infrastruktur pendukung transaksi Mandiri EDC melalui penambahan jumlah mesin serta merchant pengguna Mandiri EDC untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi nontunai dengan mudah dan aman.

Keamanan bertransaksi

Meski praktis dan efisien, nasabah tetap harus menjaga keamanan dalam bertransaksi menggunakan EDC. Nasabah dianjurkan untuk tetap mengawasi kartu pada saat melakukan pembayaran di mesin EDC dan memastikan bahwa kartu hanya di-swipe/dip di mesin EDC milik bank. Selain itu, untuk menghindari kerugian bagi nasabah, pembebanan biaya tambahan atau surcharge dilarang dilakukan oleh merchant untuk setiap pembayaran menggunakan mesin EDC.

Nasabah harus memastikan juga pada saat peng-input-an PIN agar tidak terlihat oleh orang di sekitar dan dianjurkan pula untuk selalu mengganti PIN secara berkala. Guna menambah rasa aman bagi nasabah, layanan notifikasi SMS juga dapat diaktifkan untuk memonitor segala jenis transaksi yang dilakukan.

Saat ini, Bank Mandiri memiliki lebih dari dua ratus ribu mesin Mandiri EDC dengan ratusan ribu merchant yang jumlahnya terus meningkat untuk menerima transaksi nontunai dengan mudah dan aman. Segera tingkatkan transaksi menggunakan Mandiri EDC, nikmati kemudahannya, dan menangkan hadiahnya.

Untuk mengetahui tentang Program Undian End of Year EDC Campaign 2019 dapat disimak di link berikut. [*]