Perhelatan Prambanan Jazz Festival akan kembali digelar untuk keempat kalinya di Kompleks Candi Prambanan, 17–19 Agustus 2018. Prambanan Jazz Festival 2018 tetap mengusung semangat kolaborasi mahakarya Candi Prambanan dan musik jazz. Menurut Founder Prambanan Jazz Festival sekaligus CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi, tema yang diusung tahun ini ialah “Art, Experience dan Masterpiece”.

“Harapan kami, suguhan konser musik Prambanan Jazz ini menjadi pengalaman tak terlupakan bagi penikmat musik Tanah Air, juga mampu menjadi ajang diplomasi budaya negara kita kepada masyarakat dunia, dengan memadukan mahakarya musik jazz dan Candi Prambanan,” ungkap Anas.

Foto-foto dokumen Rajawali Indonesia Communication

Salah satu perbedaan perhelatan jazz tahun ini dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya terletak pada komposisi musisi. Prambanan Jazz Festival 2018 akan menyuguhkan lebih banyak musisi dunia dan Tanah Air yang beraliran jazz, seperti Idang Rasidi, Indra Lesmana, Syaharani, Monita Tahalea, Fariz RM, dan Tohpati.

Selama tiga hari penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2018, para pengunjung akan dihibur oleh 27 musisi. Dalam satu harinya, pengunjung akan menikmati sembilan penampilan musisi mulai pukul 14.00 hingga 24.00.

Tahun ini, penyelenggara Pram­banan Jazz Festival, Rajawali Indonesia Communication akan menghadirkan musisi jazz kelas dunia seperti Diana Krall dan grup vokal asal Irlandia, Boyzone.

Sarah Brightman (Artist Prambanan Jazz 2017).

Pada Prambanan Jazz Festival sebelumnya, musisi dunia Sarah Brightman menjadi bintang utama pagelaran ini.

Diana Krall, peraih dua penghargaan Grammy Award kategori “Best Jazz Vocal Performance” pada 1997 dan Best Jazz Vocal Album pada 2002 siap menghibur para penikmat musik Tanah Air. Begitu pula dengan Boyzone, band fenomenal yang digandrungi di era 1990-an siap menjadi bagian sejarah bersama ribuan penonton nantinya.

Shane Filan (Artist Prambanan Jazz 2017).

“Menariknya, Prambanan Jazz Festival ditutup dengan special show yang menghadirkan Dewa 19 dan Boyzone. Mereka (Boyzone) khusus membuat reuni untuk tur dunia terakhir mereka,” terang Anas.

Prambanan Jazz kali ini tetap menggunakan dua panggung utama, yaitu panggung Rorojonggrang untuk special show yang berada di area Lapangan Brahma; dan panggung Hanoman untuk festival show yang berada di area Lapangan Wisnu.

Pasar Kangen

Lebih istimewa, Prambanan Jazz Festival akan menyuguhkan kolaborasi antarmusisi seperti Indra Lesmana feat Eva Celia, Tompi feat Nadya Fatira, Idang Rasidi feat Syaharani, Tohpati feat Sheila Majid, Marcell, dan Rio Febrian, juga KAHITRAN (Kahitna feat RAN). Termasuk penampilan ayah dan anak, yaitu Father and Son (Yovie x Arsy) yang juga akan berkolaborasi dengan penyanyi muda pendatang baru, Brisia Jodie. Tak ketinggalan, Dewa 19 Reunion feat Ari Lasso.

Ada juga musisi dalam negeri di antaranya, HiVi, Letto, Java Jive, Tulus, Barasuara, Abdul and The Coffee Theory, Rendy Pandugo, Jikustik, Glenn Fredly, Gigi, Yura Yunita, dan Sierra Soetedjo.

CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi.

“Perhelatan Prambanan Jazz ini memberikan multiefek ke segala bidang. Branding di mata internasional, pendapatan asli daerah (PAD), dan pemerataan ekonomi,” kata Anas.

Sebagai bagian dari Prambanan Jazz Festival 2018, pengunjung juga dapat menikmati Pasar Kangen yang menyuguhkan ragam kuliner khas Yogyakarta tempo dulu dan sekarang. Pasar Kangen menjadi bukti penting bahwa budaya tradisional masih hidup di tengah masyarakat modern.

Pasar Kangen juga menjadi komitmen penyelenggara untuk selalu mendukung tradisi lokal. Sehingga, pengunjung Prambanan Jazz Festival 2018 dapat menikmati musik berkualitas dunia sembari menyaksikan keindahan Candi Prambanan dan menyantap kuliner khas.

Pemesanan tiket

Penjualan tiket Prambanan Jazz Festival 2018 sudah dimulai pada 14 Maret 2018. Tiket reguler daily pass special show Rp 300 ribu dan tiket 3 days pass Rp 750 ribu.

Sementara itu, tiket special show hari pertama Rp 400 ribu–Rp 1,25 juta; hari kedua Rp 750 ribu–Rp 5 juta; dan special show hari ketiga dijual Rp 600 ribu–Rp 2,5 juta.

Tahun ini, khusus tiket special show sudah termasuk daily pass Prambanan Jazz 2018. Tiket dapat dipesan secara online melalui Tiket.com, KiosTix, GoersApp, Traveloka, BukaLapak, Loket.com, Blanja.com, GoTix Indonesia, dan Tiketapasaja.com. Sementara itu, untuk offline, tiket bisa didapat di Jasmine Cakery Yogyakarta.

Informasi terbaru seputar Pram­banan Jazz 2018 dapat diikuti di official account Instagram, Twitter, dan Facebook @PrambananJazz dengan tagar #PrambananJazz2018; serta hotline 082226664343 atau (0274) 521328. [*]