Liburan pertengahan tahun telah di depan mata, saatnya menyusun rencana dengan tepat. Temukan inspirasi baru untuk berlibur, terlebih kala menyambangi Hongkong.

Ya, Hongkong memang identik dengan wahana ber­main impian, Hong­kong Disneyland. Tem­pat ketika kehidupan berhenti sejenak dan membuai fantasi setiap individu, tua maupun muda, tanpa terkecuali. Setiap sudutnya mengakomodasi pilihan dan selera tiap pengunjung. Penggemar berat karakter Marvel tentu tak akan melewatkan Iron Man Experience, sebuah wahana simulator 3D.

Foto dokumen Hongkong Tourism Board.

Dengan simulator ini, pengunjung bisa membantu Iron Man menyelamatkan kota. Bahkan setelah selesai permainan, bisa langsung bertemu karakter Iron Man yang menyambut setiap orang. Jika membawa anak yang masih kecil, bisa diajak menjelajahi Rivers of Adventures yang misterius dalam petualangan Jungle River Cruise.

Beragam pilihan makanan pun tersedia. Salah satunya The Explorer’s Club yang besertifikat halal dengan hidangan khas Asia dan Indonesia. Restoran ini pula yang menjadi pilihan selebritas Nana Mirdad saat berlibur bersama kedua anaknya di Hongkong Disneyland.

Pengalaman berlibur di Hongkong Disneyland pun kian lengkap dengan menginap di area yang sama. Ada tiga pilihan akomodasi, yaitu Hongkong Disneyland Hotel, Disney Hollywood Hotel, dan yang terbaru Disney’s Explorer Lodge yang dirancang untuk keluarga berjiwa petualang.

Bertualang bersama buah hati

Sensasi petualangan tak hanya bisa didapatkan di Hongkong Disneyland. Meski wilayah ini dikenal dengan derap urban dan dipenuhi gedung-gedung pencakar langit, Hongkong tetap menyimpan sudut-sudut menawan bagi mereka yang haus bertualang.

Salah satunya menuju Pulau Cheung Chau. Hanya berjarak 45 menit dengan menggunakan feri dari Central Pier, pulau ini menjadi destinasi tepat untuk mendekatkan diri dengan alam. Minim polusi, di sini penduduk lokal menggunakan sepeda dan sepeda roda tiga untuk mobilitas sehari-hari.

Pulau ini pun memiliki taman bermain Sai Yuen Farm, yang dilengkapi fasilitas berkemah ber­tema dan beragam aktivitas luar ruang. Climbing Monkey, misalnya, yang menantang semua usia untuk memanjat pohon dan menikmati ketinggian. Selagi di Cheung Chau, jangan lupakan untuk mencicipi hidangan lautnya yang terkenal.

Bahkan, di sini juga bisa belajar membuat bakpao dengan cara tradisional. Tepatnya di Kwok Kam Kee Cake Shop, toko roti tua yang terkenal dengan bakpao keberuntungannya. Atau, dalam bahasa Mandarin, disebut Ping An yang berarti kedamaian. Pada Festival Bakpao yang digelar setiap tahun, Kwok Kam Kee mampu menjual lebih dari 10.000 bakpao. Beberapa di antaranya disiapkan sebagai Pak Tai, yaitu menara tiga bambu yang dilapisi bakpao untuk memuja Dewa Cheung Chau.

Petualangan lain bisa direguk di Ocean Park Hongkong. Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan panda raksasa dengan memberi makan, melihat tempat tinggalnya, dan diajarkan cara menyiapkan ma­kanannya. Lanjutkan dengan naik kereta gantung menuju Marine World di The Summit, untuk mengunjungi para penguin. Selain menjelajahi perjalanan hidup para penguin di rumahnya, juga bertemu dengan King Penguins, Southern Rockhoppers, dan Gentoo Penguins.

Namun, sebelum bertemu dengan panda dan penguin, setiap pengunjung harus melakukan beberapa peme­riksaan, seperti mengecek suhu tubuh. Pemeriksaan ini tak lain untuk melindungi hewan-hewan tersebut.

Sementara, jika buah hati menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, Super Park adalah destinasi tepat. Berlokasi di Kowloon, superpark pertama di Asia yang baru dibuka pada akhir tahun lalu ini punya lebih dari 20 aktivitas baik untuk anak-anak, remaja, maupun usia dewasa yang tersebar di tiga area eksplorasi, yaitu area petualangan, area permainan, dan area bebas.

Namun, berlibur tak melulu bergerak aktif di alam bebas dan bermain. Sebagai alternatif, tak ada salahnya mengasah bakat dan minat sang buah hati.

Mengasah seni dan berbelanja

Buah hati menyukai kegiatan berkreasi seni? Ada dua jenis workshop yang direkomendasikan Nana Mirdad untuk dilakukan di Hongkong. Yaitu melukis perangkat makan keramik di Louis SK art studio, dengan teknik blue and white dan color underglaze, dua keramik China yang paling terkenal di dunia. Workshop ini terletak di Jokcey Club Creative Art Centre.

Bisa juga mengikuti workshop melukis di 513 paint shop, sebuah butik cat warna yang menyediakan cat-cat ramah lingkungan, untuk kebutuhan rumah hingga aksesori interior. Di sini, Nana dan anak-anaknya melukis bantal versi personal yang kemudian dibawa pulang.

Hari yang santai ini pun bisa diisi dengan kegiatan berbelanja. Lagi pula, Hongkong adalah salah satu destinasi belanja favorit di Asia, belum afdol jika tak menyempatkan diri berbelanja di sini, bukan? Jika ingin mendapat pengalaman belanja, makan, hiburan, dan pemandangan apik di satu tempat sekaligus, Harbour City adalah tempatnya.

Terletak di area Tsim Sha Tsui, Harbour City memiliki pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Hongkong. Kunjungi PMQ, yang sebelumnya dikenal dengan Police Marreid Quarters, di area Central, yang kini menjadi pusat karya seniman dan perancang muda berbakat. Nikmati pula panorama Pelabuhan Victoria dari dek pengamatan dengan sudut pandang 270 derajat dari Ocean Terminal Deck.

Berbelanja dan bertualang di tengah kota pun akan terasa makin seru dengan berkelana menggunakan Big Bus Tour, yang mengajak berkeliling Pulau Hongkong dan Kowloon. Ada lebih dari 20 titik pemberhentian, yang berada di dekat tempat-tempat penting dan atraksi-atraksi utama Hongkong.

Bepergian ala warga lokal lainnya adalah dengan menggunakan trans­portasi umum. Caranya, dengan menggunakan Octopus Card yang bisa diperoleh di stasiun MTR atau di toko serba ada. Jika sudah mengantongi Octopus Card, petualangan di Hongkong pun bisa segera dimulai. [ADT]


Musim Panas bersama Keluarga di Hongkong

Selalu ada petualangan baru nan seru kala menjelajah Hongkong bersama keluarga. Dewan Pariwisata Hong Kong pun menyajikan paket keluarga menarik, yang terdiri atas 10 atraksi wisata.

Chocolate Museum of Hongkong

Berada di area The Peak, inilah surga bagi penggemar cokelat. Museum ini memamerkan lebih dari 2.000 kilogram cokelat dalam berbagai bentuk. Ada yang dibentuk menjadi menara Eiffel setinggi 2,4 meter, lukisan dari cokelat berukuran besar, dinding cokelat tematik yang dapat dikudap, dan masih banyak lagi.

DukLing

Nikmati senja di Pelabuhan Victoria dengan cara berbeda, yakni dengan menggunakan perahu layar kuno, DukLing. Perahu tradisional yang aslinya berasal dari China ini mengajak Anda mengelilingi pelabuhan dan menikmati pemandangannya dengan lebih me­nyeluruh.

Hongkong Tramways

Jelajahi tiap sudut Hongkong lebih jauh dengan menggunakan trem. Bus dua tingkat ini telah menjelajahi koridor-koridor kota sejak 1904 dan kini menjadi penghubung Hongkong masa lalu dan sekarang. Rute perjalanan mencakup titik-titik atraktif Hongkong seperti western district, Wan Chai, Happy Valley, Causeway Bay, dan North Point. Tram beroperasi dari pagi hingga malam.

Jumbo Kingdom

Salah satu restoran apung terbesar di dunia. Dirancang menyerupai istana khas China, Jumbo Kingdom memiliki 2.300 kursi dalam sebuah kompleks besar yang terdiri dari taman teh dan restoran yang menyajikan hidangan tradisional China berkualitas tinggi serta sajian menu fusi modern. Restoran ini terletak di Aberdeen, di selatan Hongkong.

Madame Tussauds Hongkong

Temui selebritas favorit Anda dan berpose dengannya, meski hanya dalam wujud patung lilin. Madame Tussauds Hongkong memiliki lebih dari 100 patung lilin yang berada di dalam 11 zona interaktif.

Noah’s Ark

Terletak di Pulau Ma Wan, Noah’s Ark merupakan replika bahtera Nuh yang memberi pengalaman wisata edukatif bagi keluarga. Terdapat 67 ukiran hewan, fasilitas multimedia 4D, teleskop vakum 350 milimeter untuk mengintip permukaan matahari, dan masih banyak lagi. Atraksi ini juga mengeksplorasi kekayaan sejarah dan budaya masyarakat Ma Wan.

Ngong Ping 360

Inilah cara ideal untuk menjelajahi Pulau Lantau. Awali perjalanan dengan kereta kabel dari Tung Chung yang memberi pemandangan menakjubkan dari ke­tinggian, lalu tiba di Desa Ngong Ping yang indah. Beragam toko dan restoran tersebar sebelum menyambangi titik-titik legendaris di Lantau, seperti Biara Po Lin, Piazza Ngong Ping atau patung Buddha yang berukuran sangat besar.

Ocean Park Hongkong

Taman biota laut ini menampilkan beragam hewan dan wahana me­negangkan. Di antaranya hewan-hewan khas Australia seperti koala dan kookaburra di Adventures in Australia, bertemu dengan kumpulan hiu di Shark Mystique, atau mencicipi petualangan di kutub utara dan kutub selatan dengan bob sled dan ragam hewan khasnya. Dalam perayaan ulang tahun yang ke-40, taman ini menyajikan jajanan kaki lima klasik khas Hongkong bergaya modern yang tersedia sepanjang tahun.

Play HK Pop

Konser hologram pertama di Hongkong yang memadukan budaya musik Hongkong dan Korea. Atraksi ini memberikan pengalaman seru berinteraksi dengan tokoh idola favorit seperti G Dragon, Big Bang, dan PSY dengan pemandangan 270 derajat di layar 3D. Ada 26 pertunjukan yang ditampilkan setiap harinya, dengan durasi 30 menit tiap pertunjukan.

sky100 Hong Kong
Observation Deck

Terletak di lantai 100 gedung tertinggi di Hongkong, International Commerce Centre, sky100 Hong Kong Observation Deck berada di ketinggian 393 meter di atas permukaan laut. Titik ini menyajikan panorama 360 derajat kota Hongkong yang dilengkapi jaringan transportasi dan pusat perbelanjaan prestise. Pengunjung juga bisa merasakan lift tercepat yang mencapai lantai ke-100 hanya dalam 60 detik. Temukan pula keindahan Hongkong dalam sajian teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Informasi selengkapnya kunjungi dis­cover­hongkong.com