Sejak diperkenalkan pada 2012, pipa PVC-O Apollo telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Pipa PVC-O Apollo yang merupakan salah satu merek unggulan PT Wahana Duta Jaya Rucika ini dikukuhkan oleh lembaga riset bidang bisnis Tras N Co dalam bentuk penghargaan “Pertama di Indonesia (Perdi)” 2017 karena dinilai memiliki spirit inovasi dan kreativitas.

Perdi 2017 diserahkan oleh Chief Executive Officer (CEO) Tras N Co Research Tri Raharjo kepada CCS Manager PT Wahana Duta Jaya Rucika Putra Wijaya di Ballroom Hotel Ayanna Mid Plaza (Intercontinental Hotel), Jakarta, Kamis (23/11). Penghargaan ini diharapkan dapat memacu semangat perusahaan untuk terus berinovasi.

Adapun Perdi 2017 diberikan kepada PVC-O Apollo berdasarkan survei yang dilakukan oleh Tras N Co terhadap 100 perusahaan terpilih dan tersurvei yang dinilai telah berhasil menciptakan inovasi dan karya. Dalam melakukan pene­litiannya, Tras N Co menggunakan metodo­logi penilaian yang didasarkan pada tiga aspek, yakni the first aspect (memenuhi unsur pertama di Indonesia di kategori produk atau jasa), evidence aspect (memiliki alat bukti atau dapat dibuktikan melalui pemberitaan media sebagai pertama di Indonesia untuk kategori produk dan jasanya), dan validation aspect (surat data validasi dan atau dibuktikan dengan survei validasi online melalui mesin pencari).

“Kami bangga sekaligus berterima kasih atas penghargaan ini. Oleh karena itu, kami akan terus berkarya dengan menciptakan inovasi guna memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia,” ujar Putra.

Inovasi pada pipa PVC-O Apollo memang pantas mendapatkan penghargaan ini. Sebab, Putra menjelaskan, pipa PVC-O Apollo ini merupakan salah satu produk unggulan yang punya kelebihan dalam hal fleksibilitas dan daya impact yang tinggi. Selain material berkualitas yang digunakan, pipa PVC-O Apollo ini sangat mudah dipasang.

“Sejak beberapa tahun lalu, pipa PVC-O Apollo sudah digunakan untuk distribusi air bersih di berbagai kota di Indonesia. Kota-kota itu antara lain, Mataram, Magelang, Yogyakarta, Wonosobo, Semarang, Padang, Kota Jababeka, dan Cirebon. Masih ada lagi beberapa wilayah lainnya yang sudah dilayani oleh pipa PVC-O Apollo,” kata Putra.

Pipa PVC-O Apollo merupakan produk inovasi untuk aplikasi air bersih bertekanan yang diperkenalkan sejak 2012. Pipa ini punya karakteristik istimewa karena terbuat dari uPVC (unolastized Polyvinyl Chloride) dengan metode biaxially yang berbeda dari PVC biasa. Material ini membuat pipa PVC-O Apollo antitimbal ini memiliki performa yang tinggi, baik dari kemampuan impak, daktilitas (crack/pecah), fleksibilitas, dan bobot yang lebih ringan dibandingkan pipa HDPE maupun PVC biasa.

“Pipa PVC-O dilihat dari segi kualitas merupakan perpaduan dari PVC dan HDPE. Pipa PVC-O Apollo punya high impact sama dengan HDPE, pemasangan sangat mudah seperti PVC, mobilitas lebih mudah atau murah karena ringan, dan punya diameter bagian dalam yang besar. Untuk kelas pressure yang sama, kapasitas flow air pipa PVC-O Apollo ini lebih tinggi dibandingkan dengan PVC maupun HDPE. Jadi, untuk biaya tentunya lebih hemat. Dalam waktu dekat, pipa PVC-O Apollo ini akan berganti nama menjadi Rucika Exoplas,” ujar Putra.

PT Wahana Duta Jaya Rucika, sebelumnya bernama PT Wavin Duta Jaya, yang berdiri sejak 1973 dan menjadi salah satu produsen pipa PVC terbesar di Indonesia dengan fasilitas produksi yang tersebar di berbagai belahan nusantara.

Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam industri perpipaan, perusahaan secara konsisten telah menghasilkan berbagai jenis produk unggulan berbahan dasar PVC, PVC-O, PP-R, PE dan Astolan, seperti PVC Standard, PVC SNI Lite, PVC SNI Safe & Lok, PVC Rucika JIS, PVC – O Apollo, PE Black, PP-R & PP-RCT Tigris Green, AS, SiTech+, Sambungan PVC Rucika (JIS) dan Lem Pipa PVC TRUGlue.

Di samping itu, perusahaan juga mengadopsi teknologi secara berkesinambungan yang meng­hasilkan beberapa produk inovatif, seperti Aquacell, Quickstream, Vinny Core, dan Inspection Chambers. [*/VTO]