Bali tak hanya maju pada bidang pariwisata. Pulau Dewata ini juga terus mengalami pertumbuhan pada industri otomotif. Ini dapat dilihat dari antusiasme para modifikator mengikuti salah satu rangkaian kontes modifikasi Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2017.

IAM MBtech 2017 seri ke-9 yang digelar di Lippo Mall Kuta, akhir Juli lalu tampak begitu semarak karena diikuti oleh 84 peserta berasal dari Bali dan sekitarnya, termasuk Surabaya dan Yogyakarta. Pada ajang ini, kualitas modifikasi interior yang dilakukan rata-rata sudah peduli dengan konsep maupun ide orisinalitas. Pembagian antara gaya elegan dan stylish pada sisi interior juga memiliki komposisi yang seimbang. Yang menjadi pusat perhatian, sejumlah peserta berhasil memadukan unsur kebudayaan tradisional setempat ke dalam karyanya.

Sementara itu, dalam nominasi MBtech Awards-IAM MBtech 2017, tercatat 16 peserta adu kreasi interior dengan bahan MBtech. Setelah melalui proses penjurian, 3 peserta yang keluar sebagai pemenang adalah I Wayan Adi (Juara I), Kadek Borot (Juara II), dan Amelia Chairani (Juara III).

Foto dokumen MBtech

I Wayan Adi dengan Toyota Avanza 2008 tampil memukau. Kualitas pengerjaan dari seatmaker De Master Bali ini layak diacungi jempol. Detail-detail pada seluruh interior tampak kuat, bahkan beberapa bagian dibuat unik. Oleh sebab itu, kesan mewah MPV bersuspensi udara ini layak dinobatkan sebagai The Best Interior oleh tim juri MBtech.

Karya Kadek Borot dengan modifikasi interior dengan konsep VIP Stylish yang disematkan pada Daihatsu Terios TX berkonfigurasi 2+2 juga layak menempati urutan kedua. Interior berlapis bahan MBtech Camaro Fiesta Orange dan Camaro Off White yang menyelimuti seluruh bagian interior menjadikan kabin tampak wah.

Konsep modern dengan cara mengubah total interior Toyota Agya 2015 milik Amelia Chairani mampu memberikan hasil cukup memuaskan. Juara ketiga pun disandangnya. Interior kendaraan LCGC tersebut dilapis ulang menggunakan bahan MBtech Camaro Fiesta Manggo dan MBtech Camaro Black.

Tema desain masa depan diperlihatkan pada permukaan jok. Kemudian warna buah mangga terlihat pada karpet dasar, konsol boks, plafon, dan boks audio di bagasi. Secara umum, desain Agya ini cukup menarik dilihat dan pas dengan konsep show car. Upaya modifikasi total tersebut juga dilakukan demi mengejar gelar King Nominee IAM MBtech. [*/BYU]