Politeknik Industri Logam Morowali adalah pendidikan tinggi vokasi di bidang pengolahan logam yang berada di bawah Kementerian Perindustrian. Dalam penyelenggaraan pendidikannya, politeknik ini bekerja sama dengan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Politeknik ini bertujuan memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten pada industri smelter atau logam, khususnya di kawasan industri Morowali. Hal ini sejalan dengan arahan Kementerian Perindustrian untuk mendorong percepatan pembangunan di kawasan industri Morowali, Sulawesi Tengah, yang menjadi salah satu prioritas program pengembangan industri berbasis logam. Pemerintah memang sedang memfasilitasi pengembangan 14 kawasan industri di luar Pulau Jawa dalam upaya mengakselerasi pemerataan industri sekaligus menciptakan iklim industri yang Indonesia sentris. Oleh sebab itu, pendidikan vokasi di bidang pengolahan logam sangat relevan dengan visi ini.

Dok. IMIP

Fasilitas pendidikan Politeknik Industri Logam Morowali dilengkapi workshop metalurgi, workshop elektronika, workshop mesin, dan laboratorium mesin. Selain menyiapkan tenaga profesional, politeknik ini melakukan penelitian terapan di bidang industri logam, melakukan pengabdian masyarakat, dan memperkuat kemitraan dengan dunia usaha dan industri.

Politeknik Industri Logam Morowali menawarkan beberapa jurusan, yaitu Teknologi Perawatan Mesin, Teknologi Listrik dan Instalasi, serta Teknologi Kimia Mineral. Lulusannya dapat menjabat sebagai teknisi terampil, junior engineer, supervisor, dan trainer di bidangnya masing-masing. [*]