logo Kompas.id
Akhir PekanMengharapkan Dokter yang Ramah
Iklan

Mengharapkan Dokter yang Ramah

Oleh
DR SAMSURIDJAL DJAUZI
· 5 menit baca
https://kompas.id/wp-content/uploads/2017/09/470205_getattachmentb699a0ec-5a5f-4420-b0bb-f375528ad366461590.gif
ARSIP PRIBADI

Sejak 15 tahun ini saya menderita penyakit diabetes melitus. Setiap sebulan saya harus berkonsultasi dengan dokter. Sekarang saya dapat berkonsultasi dengan dokter puskesmas dan memperoleh obat diabetes yang saya perlukan. Namun, secara berkala, saya harus ke rumah sakit untuk penilaian keberhasilan pengendalian gula darah saya. Jadi, saya sudah mengenal banyak dokter baik di rumah sakit maupun di puskesmas. Kesan saya dokter yang muda lebih ramah dan dokter yang sudah tua lebih kurang ramah. Maaf saya menyatakan begitu karena pada umumnya dokter senior kurang mau menyediakan waktu jika saya bertanya.

Kami sebagai pasien mempunyai harapan kepada para dokter. Harapan pertama, dokter yang menolong kami hendaknya cerdas, terampil, dan teliti. Di samping itu, dokter mampu menjaga kerahasiaan, menjaga hubungan yang luwes dengan pasien, memberikan penyuluhan tanpa menggurui. Kami para pasien juga menghendaki dilibatkan dalam merencanakan pemeriksaan dan pengobatan. Memang pasien tak punya latar belakang pengetahuan mengenai kedokteran. Tetapi, dengan kami dilibatkan, maka kami tahu apa yang akan kami jalani serta tahu besar biaya yang harus dipersiapkan.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000