logo Kompas.id
Akhir PekanReduksi= Suicide Printmaking
Iklan

Reduksi= Suicide Printmaking

Oleh
SYAHRIZAL PAHLEVI
· 6 menit baca

Di kancah seni grafis internasional teknik (woodcut, linocut) reduksi memiliki julukan yang seram: ”Suicide Printmaking” yang terjemahannya menjadi ’seni cetak grafis bunuh diri’. Tentu nama itu tidak bermaksud berseram-seram atau ingin membuat publik menjauh dan takut dengan salah satu varian teknik cetak tinggi atau relief print dalam seni cetak grafis ini.

Julukan ini diberikan karena dalam teknik ini pegrafis bertaruh ”psikis dan fisik” dengan prosesnya yang sebenarnya sangat mudah dibandingkan dengan teknik-teknik seni grafis lainnya, seperti woodcut/linocut multiplate, drypoint, etching, aquatint, mezzotint, serigraphy, hingga lithography, hanya saja perlu kehati-hatian. Umumnya dalam membuat karya grafis berwarna diperlukan pelat lebih dari satu atau multipelat agar proses pengedisian berjalan sistematis dan lancar. Namun, teknik (woodcut, linocut) reduksi hanya menggunakan sebuah pelat kayu atau lembaran linoleum sebagai acuan cetak untuk menghasilkan karya seni grafis penuh warna dan tidak dapat diulang prosesnya jika terjadi kesalahan pengerjaan.

Proses awal teknik reduksi dimulai dengan menyiapkan pelat (biasanya dicukil) lalu diberi tinta merata di seluruh permukaan pelat yang tinggi kemudian ditaruh kertas di atasnya dan dipres menggunakan tangan atau menggunakan bantuan mesin pres. Setelah cetakan atau lapis warna pertama selesai, pelat yang sama dibersihkan dan dicukil lagi untuk menyiapkan bidang cetak bagi warna kedua. Begitu seterusnya untuk melapis warna demi warna sampai bentuk pelat menjadi semakin menjauh dari bentuk awal pengerjaan dan hanya menyisakan bidang cetak buat warna paling akhir.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000