logo Kompas.id
Akhir PekanSeni dan Negara
Iklan

Seni dan Negara

Oleh
Suwarno Wisetrotomo
· 7 menit baca

Catatan ini ingin melihat relasi antara negara dan kesenian. Dalam hal negara akan dilihat melalui ucapan, tindakan, dan kebijakan presiden sebagai representasi puncak, serta dalam hal kesenian akan dilihat melalui gejala dan praktik seni visual yang segera bisa dilihat jejak atau artefaknya.

Apa yang dimaksud dengan peran negara? Mengapa negara perlu mengurus kesenian? Peran negara adalah tanggung jawab negara melalui aparatusnya terkait dengan infrastruktur, anggaran, regulasi, dan fasilitasi. Kebutuhan (keharusan) memiliki institusi pendidikan (tinggi) seni yang memadai, museum seni yang layak, dan galeri nasional yang pantas adalah bagian dari peran dan tanggung jawab negara. Pendidikan seni berfungsi sebagai laboratorium, pengkajian, penciptaan, dan pengembangan seni. Dari sana semestinya lahir seniman, kritikus, sejarawan seni, konservator, peneliti/pengkaji, dan manajer seni. Sementara museum dan galeri nasional merupakan salah satu institusi tempat semua pengetahuan dan keterampilan seni dipraktikkan, sekaligus sebagai etalase bagi pencapaian peradaban bangsa melalui karya seni. Bahkan, salah satu ”suguhan utama” setiap tamu negara adalah diajak mengunjungi museum dan galeri nasional.

Kesenian akan saya sempitkan di sekitar seni rupa. Selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (selanjutnya ditulis Presiden Jokowi), saya mencatat empat peristiwa seni (seni rupa) yang merepresentasikan kehadiran negara; dua peristiwa adalah pameran seni rupa koleksi Istana Negara (diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia tahun 2016 bertajuk ”17/71” dan tahun 2017 bertajuk ”Senandung Ibu Pertiwi”). Pameran ini diputuskan menjadi agenda tahunan oleh Istana, dengan menggunakan tempat Galeri Nasional Indonesia. Satu peristiwa adalah pameran seni rupa dalam rangka Europalia 2017 yang berlangsung di Eropa (Belgia dan sekitarnya), dengan menempatkan Indonesia sebagai tamu kehormatan. Satu peristiwa lainnya adalah bersamaan dengan upacara perayaan Kemerdekaan Ke-72 RI di Istana Negara, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama para menteri Kabinet Kerja (atas ide otentik Presiden Jokowi) mengenakan busana daerah masing-masing. Sebuah pemandangan yang penuh kejutan, mengharukan, membanggakan, sekaligus inspiratif.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000