Dengan Distributor Baru, Mazda Luncurkan Lima Model Baru Sekaligus
Oleh
·5 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Mazda menancapkan tonggak sejarah baru di Indonesia, Selasa (14/3/2017), dengan mulai beroperasinya PT Eurokars Motors Indonesia (EMI) sebagai agen tunggal dan distributor resmi merek asal Hiroshima, Jepang, itu di Tanah Air. Begitu resmi menjadi distributor, EMI langsung menggebrak dengan meluncurkan lima model Mazda sekaligus untuk pertama kalinya di pasar Indonesia. Sebagian di antaranya adalah model-model yang sudah lama ditunggu para pencinta Mazda di Tanah Air.
”Kami merasa sangat bangga dan terhormat dengan kepercayaan dan penunjukan langsung sebagai Distributor Utama produk Mazda di Indonesia. Penunjukan ini merupakan tonggak sejarah yang mencerminkan kemitraan yang kuat antara Mazda Motor Corporation dan Eurokars Group dalam menjalankan bisnis ini,” kata Presiden Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy, dalam acara peresmian di Kempinksy Grand Balroom, kompleks Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa siang.
Roy menambahkan, kesuksesan rekor penjualan yang diraih Eurokars Group di Singapura sejak pengambilalihan distribusi mobil Mazda di negara kota itu pada tahun 2011 menjadi cambuk untuk meraih kesuksesan yang sama di Indonesia.
Seperti diketahui, Eurokars Group juga menjadi distributor utama Mazda di Singapura. Sementara di Tanah Air, Eurokars sebelum ini menjadi dealer Mazda dan memiliki sejumlah titik penjualan di seluruh Nusantara. Saat PT Mazda Motor Indonesia (MMI), yang menjadi agen pemegang merek Mazda di Indonesia, mengumumkan penutupan operasinya secara tiba-tiba pada 14 Oktober 2016, Mazda juga mengumumkan akan mengalihkan bisnisnya di Indonesia kepada Eurokars Group. Semua karyawan PT MMI juga dialihkan di bawah PT EMI.
Setelah penunjukan secara resmi, PT EMI akan bertanggung jawab untuk seluruh penjualan dan layanan purnajual, termasuk jaminan dari semua kendaraan Mazda yang dijual sebelumnya. PT EMI juga bertindak sebagai importir resmi mobil Mazda di Indonesia serta mengawasi semua flagship Mazda yang ada di Indonesia.
”Dengan bangga kami sampaikan bahwa semua jaringan distribusi yang terdiri dari 43 dealer Mazda di Indonesia, telah resmi menyatakan dukungan dan kesiapan mereka untuk bekerja sama dengan PT Eurokars Motor Indonesia sejak serah terima resmi yang dilakukan pada 1 Februari 2017. PT Eurokars Motor Indonesia merasa optimistis dengan potensi serta pertumbuhan Mazda di Indonesia yang merupakan pasar penting dan strategis yang menjadi salah satu fokus ekspansi usaha Mazda Motor Corporation di kawasan ini,” kata Roy.
Dinanti-nanti
PT EMI pun menandai awal operasi mereka di Indonesia dengan meluncurkan lima model baru sekaligus, yakni Mazda MX-5; Mazda3 Hatchback; Mazda CX-3; Mazda5 Skyactiv, dan Mazda6 Estate. Lima model ini akan melengkapi empat model yang sudah dipasarkan di Tanah Air sebelumnya, yakni Mazda CX-5, Mazda2, Mazda6 Sedan, dan Mazda Biante.
Peluncuran lima model baru sekaligus ini menjadi sebuah kejutan menyenangkan bagi para pencinta Mazda di Indonesia yang sudah lama menanti-nanti kedatangan beberapa model andalan Mazda di dunia. Mazda MX-5 dan Mazda3, misalnya, bahkan sudah legendaris dengan kesuksesan penjualannya di pasar internasional. Namun, dua model yang sudah mengadopsi teknologi Skyactiv ini sempat tertunda masuk ke Indonesia dengan berbagai alasan.
Tak pelak lagi, bintang dari lima model baru ini adalah Mazda MX-5. Mobil roadster kecil dua tempat duduk dengan atap convertible ini telah mendapat gelar ”mobil sport dua kursi terlaris di dunia” oleh Guinness World Records sejak tahun 2000. Berdasarkan siaran pers Mazda Motor Corporation di laman resminya, pada 4 Februari 2011, mobil ini telah laku dipasarkan sebanyak 900.000 unit.
Mazda MX-5 juga disebut Mazda Miata di pasar Amerika Utara dan Mazda Roadster di pasar domestik Jepang. MX-5 yang dipasarkan saat ini adalah generasi keempat sejak mobil roadster ini diluncurkan pertama kali tahun 1989. MX-5 generasi keempat (kode model ND) ini sudah mengadopsi teknologi Skyactiv dan diluncurkan di pasar internasional sejak 2014 dan telah meraih penghargaan World Car of The Year Award tahun 2016 di ajang New York Auto Show.
Saat ini, baru MX-5 versi soft top (atap kanvas yang bisa dibuka tutup secara manual) yang dipasarkan ke Indonesia. Tak menutup kemungkinan, versi hard top-nya juga akan segera didatangkan ke Tanah Air, sebagaimana model NC yang didatangkan PT MMI beberapa tahun lalu.
Sementara Mazda3 yang didatangkan kembali saat ini adalah generasi ketiga mobil ukuran medium tersebut. Mazda3 generasi pertama sempat dipasarkan di Indonesia sejak merek Mazda masih dipegang Indomobil Group pada awal tahun 2000-an, baik dalam model hatchback ataupun sedan. Namun, penjualan Mazda3, yang di Jepang dinamakan Mazda Axela ini, terhenti setelah tahun 2008. Generasi kedua mobil ini sama sekali tak dimasukkan di Indonesia.
Kejutan lainnya juga didatangkannya Mazda6 Estate. Versi station wagon dari Mazda6 ini adalah model estate sedan besar (big sedan) buatan Jepang pertama yang didatangkan secara resmi ke pasar Indonesia kontemporer selama ini. Sebelumnya, model mobil estate seperti ini baru dimasukkan merek-merek Eropa, seperti Mercedes-Benz, Audi, Volvo, Peugeot, dan Renault.
Selain itu, Mazda CX-3, small-SUV yang sudah dipamerkan sejak ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2016, juga resmi diluncurkan ke pasar Tanah Air. Sementara Mazda5 yang dihadirkan kembali ada generasi ketiga mobil yang dulu bernama Mazda Premacy ini.
Terkait Eurokars sendiri, kelompok bisnis otomotif ini sejak didirikan tahun 1985 telah tumbuh menjadi salah satu kelompok otomotif terkemuka di Asia. Sebagai distributor mobil swasta terbesar di Singapura, Eurokars Group mengelola lima merek mobil premium, seperti Porsche, Rolls-Royce, MINI, Mazda, dan McLaren. Di Indonesia, kelompok ini mewakili Porsche, Rolls-Royce, Mazda, Maserati, dan 3M, produk kaca film untuk mobil dan komersial untuk seluruh kawasan di Indonesia. Untuk memperkuat pertumbuhan dan ekspansi di kawasan regional, kelompok ini juga mengakuisisi saham dealer Rolls-Royce di Nanning, China dan memegang dealership Mazda di Perth.
”Kehadiran PT Eurokars Motor Indonesia dan produk terbaru serta unggulan dari Mazda merupakan bukti dari komitmen kami untuk mengembangkan dan meningkatkan merek Mazda serta menjadikan Mazda sebagai salah satu merek yang paling diminati di Indonesia,” tambah Roy Arman Arfandy sambil menutup pembicaraan.
(DHF)
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.