Pada arus mudik Lebaran 2019, Astra Group akan menambah pos siaga di sepanjang Jalan Tol Trans-Jawa. Pos siaga tersebut nantinya bisa dinikmati pemudik yang hendak memeriksakan kendaraan sambil beristirahat.
Oleh
Fajar Ramadhan
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Pada arus mudik Lebaran 2019, Astra Group akan menambah pos siaga di sepanjang Jalan Tol Trans-Jawa. Pos siaga tersebut nantinya bisa dinikmati pemudik yang hendak memeriksakan kendaraan sambil beristirahat.
Astra Group meluncurkan program Astra Holiday Campaign (AHC) dengan tema ”Dari Ujung ke Ujung Astra Menemani Mudik Anda” pada Rabu (29/5/2019). Acara tersebut dihadiri Wakil Presiden Direktur PT Astra International Djony Bunarto Tjondro, Direktur PT Astra International Gidion Hasan, dan jajaran direksi Astra Group lainnya.
Chief Executive PT Astra International Bambang Gunawan mengatakan, pada AHC tahun ini, Astra Group kembali menambah empat pos siaga di Tol Trans-Jawa. Pos siaga yang tahun lalu ditempatkan di Cisarua, Nagreg, dan Buntu kini dipindahkan ke tempat istirahat atau rest area tol.
”Pos siaga ditujukan kepada pemudik yang kelelahan atau untuk memeriksakan kendaraannya,” katanya.
Keempat pos siaga baru tersebut ditempatkan di Rest Area Merak Kilometer (Km) 68, Rest Area Cipali Km 102, Salatiga Km 456, dan Ngawi Km 575.
Selain itu, ada lima pos siaga lainnya di sepanjang Tol Trans-Jawa, yakni di Rest Area Cikampek Km 57, Rest Area Palikanci Km 207, Rest Area Alas Roban Km 379, dan Rest Area Jombang Km 678.
Pos siaga tersebut akan melayani pemudik mulai 31 Mei hingga 7 Juni 2019. Selain pos siaga, Astra Group juga menyediakan 97 bengkel siaga, 27 garda siaga, dan 58 emergency roadside assistance. Sebanyak 600 teknisi juga akan disebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.
”Untuk tol Sumatera sementara belum ada, tapi kami menyediakan bengkel siaga di luar tol,” ucap Bambang.
Senior Division Head Customer Care and After Sales Division Auto 2000 Ricky Martawijaya mengungkapkan beberapa keluhan pemudik pada tahun lalu. Sebanyak 32 persen keluhan berkaitan dengan general check up kendaraan, 19 persen terkait brake system, dan 8 persen terkait engine tune up.
Oleh sebab itu, ia mengimbau pemudik mengecek kesiapan kendaraan dengan baik sebelum berkendara. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan pengemudi adalah beristirahat dengan cukup untuk menghindari microsleep.
”Selalu tegakkan safety driving dan persiapkan segala sesuatu agar perjalanan bisa nyaman dan aman,” kata Ricky.
Mudik sepeda motor
PT Astra Honda Motor (AHM) juga memberikan layanan Mudik Balik Bareng Honda bagi konsumen dan sepeda motor. General Manager Honda Customer Care Center PT Astra Honda Motor Istiyani Susriyati mengatakan, ada tiga rute yang disediakan, yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Solo, dan Jakarta-Yogyakarta.
Adapun sepeda motor yang diberangkatkan sebanyak 1.120 unit dan 2.700 penumpang. Sepeda motor tersebut akan diangkut menggunakan 28 truk, sedangkan 63 bus eksekutif disiapkan untuk penumpang.
Sementara itu, untuk melayani pemudik yang berkendara menggunakan sepeda motor, AHM juga menyediakan 18 posko di sepanjang Sumatera-Jawa-Bali.
”Selain menyediakan tempat istirahat, ada posko yang menyediakan tukang pijat dan tukang cukur,” ujar Istiyani.