logo Kompas.id
Bebas AksesKelabakan Melayani Publik Saat...
Iklan

Kelabakan Melayani Publik Saat Pandemi Covid-19

Sistem pelayanan publik dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19, apalagi pandemi bisa berlangsung lama. Namun, sejumlah persoalan klasik menghambat.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/M_NpT4uhLqJFU7gyuE8bqdYx8D0=/1024x768/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2F7bb1373e-1f70-4977-a04d-3071d3c5c594_jpg.jpg
Kompas/Yuniadhi Agung

Pengumuman tentang layanan pengurusan daring yang sementara tidak tersedia di pelayanan satu atap Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Sistem pelayanan publik dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19, apalagi pandemi bisa berlangsung lama. Namun, sejumlah persoalan klasik menghambat.

Kebijakan bekerja dari rumah untuk aparatur sipil negara (ASN) yang berlaku sejak 17 Maret lalu berimbas pada pelayanan publik. Pelayanan administrasi kependudukan hingga perizinan di banyak daerah harus menunggu hingga ASN kembali ngantor, Kompas (13/4/2020).

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000