Wayang Orang, Warisan Keraton di Tanah Dagang
Ngesti Pandowo menjadi salah satu dari segelintir kelompok wayang orang yang masih bertahan. Berawal dari seni adiluhung keraton, kesenian ini menjadi tontonan rakyat semua lapisan. Pelestarian jadi tantangan,
Ngesti Pandowo, kelompok wayang orang di Kota Semarang, Jawa Tengah, tetap bertahan di usia menjelang 85 tahun dengan segala dinamika, pun nostalgia. Di kota dagang ini, wayang orang bertransformasi dari seni adiluhung keraton, menjadi tontonan rakyat yang membumi.
Asih (45), lekat menatap pertunjukan Wayang Orang (WO) Ngesti Pandowo dari kursi penonton, Sabtu (15/1/2022) malam. Datang sendiri untuk bernostalgia, ia khidmat menyaksikan lakon “Gandamana Luweng”, sambil merangkum kenangan masa kecilnya. Saat itu, sang kakek kerap mengajaknya menonton kelompok wayang orang yang sama di Gedung Rakyat Indonesia Semarang (GRIS), atau kini berubah menjadi Mal Paragon.
"Dulu yang kepengin nonton Ngesti Pandowo itu banyak. Apalagi kalau malam minggu, umpel-umpelan (desak-desakan). Mau beli tiket saja harus sehari sebelumnya supaya tidak kehabisan," kenang Asih.
Namun, malam itu, banyak kursi kosong di Gedung Ki Narto Sabdo, tempat pentas WO Ngesti Pandowo di kompleks Taman Budaya Raden Saleh (TBRS). Dari sekitar 100 kursi, kurang dari separuh yang terisi. Dampak pandemi Covid-19 masih membuat atraksi seni mesti digelar sangat berhati-hati.
Baca juga: Harapan kepada Pemimpin dalam Gending Ki Narto Sabdo
Walau sepi, Asih dan puluhan penonton lain tetap hanyut menyaksikan pentas yang malam itu digelar untuk kedua kali sejak awal tahun. Setelah nyaris dua tahun absen akibat pagebluk, pemerintah mengizinkan WO Ngesti Pandowo, satu-satunya kelompok wayang orang yang masih bertahan di Kota Semarang, kembali pentas rutin tiap akhir pekan.
Malam itu, lakon Gandamana Luweng dimainkan apik. Kisah itu tentang upaya licik Arya Suman menyingkirkan Patih Gandamana dan merebut kedudukan sebagai menteri utama Kerajaan Hastina. Untuk membayar hasratnya, dia mesti cacat buruk rupa dan namanya diganti menjadi Patih Sangkuni. Sebuah pesan tentang nafsu dan angkara yang selalu berakhir buruk.
Baca juga: Meniupkan Asa Ngesti Pandawa di Pentas Perdana
Pesan-pesan moral semacam ini pula yang membuat Asih menyukai wayang orang sejak kecil. “Ada pesan-pesan tersirat dari kisah yang dibawakan. Dikemas dengan cerita apik ditambah pertunjukan tari dan alunan gamelan menarik," tuturnya.
Bahkan, sewaktu kecil, Asih tak puas hanya menonton sekali dalam sepekan. Ia ingat sempat merengek kepada kakeknya agar dibelikan keping VCD berisi rekaman pertunjukan wayang orang agar dirinya bisa kapanpun menonton.
Pentas muhibah
Adapun Ngesti Pandowo adalah kelompok wayang orang yang didirikan 1 Juli 1937 di Madiun, Jawa Timur oleh Ki Sastrosabdo. Selain dia, beberapa seniman lain yang membesarkan WO Ngesti Pandowo yakni Ki Narto Sabdo, Ki Darso Sabdo, Ki Koesni, dan Ki Sastro Soedirdjo.
Awalnya, mereka berpentas secara berpindah-pindah dari satu kota ke kota yang lain dengan konsep tobong. Tobong adalah bangunan pentas sekaligus berfungsi sebagai tempat tempat tinggal para pemain wayang orang. Dari pentas muhibah itu, Ngesti Pandowo akhirnya menetap di Kota Semarang.
Pada 1960 hingga 1970-an, wayang orang menjadi hiburan yang sangat digandrungi seluruh lapisan warga. Tak hanya suku Jawa, tetapi juga orang-orang Belanda, dan keturunan Tionghoa.
Budayawan sekaligus Guru Besar Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang Teguh Supriyanto menuturkan, pada 1960 hingga 1970-an, wayang orang menjadi hiburan yang sangat digandrungi seluruh lapisan warga. Tak hanya suku Jawa, tetapi juga orang-orang Belanda, dan keturunan Tionghoa.
Bahkan, pertunjukan wayang orang juga digemari para pejabat. Presiden Soekarno disebut pernah mengundang Ngesti Pandowo untuk pentas di istana negara. "Kalau tidak salah sebanyak dua kali. Di Istana Bogor dan Istana Merdeka Jakarta," kata Teguh.
Pada era itu, selain Ngesti Pandowo, ada dua kelompok wayang orang yang juga kondang di Semarang. Dalam bukunya "Semarang City, a Glance into the Past", Jongkie Tio menyebutkan dua grup lain itu adalah Sri-Wanito dan Wahyu Utomo.
Sri-Wanito didirikan dua bersaudara, Juk Hwa dan Kong Hwa pada 1935 di Temanggung. Kelompok itu kemudian pindah ke daerah Bugangan, Kecamatan Semarang Timur. Pada 1954, kelompok itu pindah ke Gedung Kesenian dan Pertemuan Sriwanito yang terletak di sekitar Pasar Dargo. Sayangnya, kelompok itu bubar pada 1989 akibat persoalan keuangan.
Baca juga: Nonton Wayang Bisa lewat Google Arts and Culture
Sementara kelompok Wahyu Utomo didirikan oleh Wahyu Utomo pada 1970. Sebelum bubar pada 1985, kelompok itu pernah pentas di Taman Hiburan Rakyat (THR) Tegalwareng dan THR Jurnatan. Saat itu di antara kelompok WO juga terjadi rivalitas sengit. Tak jarang terjadi saling serobot awak panggung.
Dalam buku Wayang Wong Milenial: Inovasi Seni Pertunjukan pada Era Digital (2021), Ni Made Ruastiti, I Komang Sudirga, dan I Gede Yudarta mencatat, seni wayang orang berusia sangat tua. Prasasti Wimalasmara (930 M) dan Prasasti Balitung (907 M) telah menyebut pertunjukan ini dengan istilah Jawa Kuno, Wayang Wwang. Wayang wwang dihidupkan kembali keraton Surakarta dan Yogyakarta.
Di Yogyakarta, wayang orang dikembangkan Sultan Hamengkubuwono I pada 1750-an. Menurut Soedarsono dalam Wayang Wong: The State Ritual Dance Drama in the Court of Yogyakarta (1984), selain seni adiluhung, wayang orang jadi alat politik meraih legitimasi sebagai penguasa sah Mataram dan penerus tradisi kebudayaan Majapahit.
Adapun di Surakarta, wayang orang dikembangkan Mangkunegara I sekitar 1760 dan maju pesat di masa Mangkunegara V. Menurut Wahyu Santoso Prabowo dkk, dalam Sejarah Tari: Jejak Langkah Tari di Pura Mangkunagaran (2007), Mangkunegara V melakukan pembaruan dari sisi penari, rias busana, lakon, dan fungsi sajian. Dikenalkan pula lakon carangan atau di luar pakem Mahabarata dan Ramayana.
Perubahan penting terjadi akhir abad ke-19 saat seni ini ke luar tembok keraton kala istana tak punya cukup dana akibat kemunduran ekonomi. Pelopor wayang orang komersial muncul dari kalangan pengusaha keturunan Tionghoa atas persetujuan keraton. Tujuannya untuk mencari uang. Setelah di Surakarta, kelompok komersial lain bermunculan. Posisi Semarang sebagai kota dagang yang ramai, membuat kelompok-kelompok itu mencoba mencari nafkah di sini.
Regenerasi
Meski demikian, seiring zaman, popularitas wayang orang mulai tergerus. Hal itu juga menimpa Ngesti Pandowo. Dalam laporan penelitian Fakultas Sastra Universitas Diponegoro oleh Haryono Rinardi, Dhanang Respati Puguh, dan Siti Maziyah pada 2002 disebutkan, penurunan jumlah penonton semakin jelas setelah Ngesti Pandowo pindah dari tempat pementasan tetap di GRIS pada 1996.
Pada 2002, jumlah penonton hanya sekitar 30 orang per pentas dengan harga tiket rata-rata Rp 4.000. Penjualan tiket tak mampu menutup ongkos produksi, apalagi ditambah biaya hidup 80 orang anggota. Pada Mei 2000 Ngesti Pandowo bahkan merugi hingga Rp 5,5 juta per bulan.
Menurut Ketua Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Dhanang Respati Puguh, pamor Ngesti Pandowo mulai surut ketika kehilangan panutan mereka, Sastrosabdo pada 1965, disusul Koesni 1980, Sastro Sudirdjo pada 1984, dan Narto Sabdo pada 1985. Bahkan, Ngesti Pandowo terpaksa menjual sebagian aset untuk mempertahankan kelangsungan hidup anggotanya.
"Persoalan penting lain adalah regenerasi. Bahkan sejumlah anak wayang (anak anggota) Ngesti Pandowo sendiri tidak mau menjadi wayang orang karena pesimistis terkait masa depan seni ini," ungkap Dhanang.
Baca juga : Ki Narto Sabdo dan Penanda Zaman di Kawasan Semarang Lama
Hal ini diakui salah satu anak wayang Ngesti Pandowo, Albela Mayarani Puspita (29). Ia menyebut, jumlah anak seniman yang mau berkecimpung di dunia wayang orang bisa dihitung jari. "Saya prihatin anak-anak wayang hampir tidak ada yang mau meneruskan jejak orangtuanya. Kebanyakan berpikir di Ngesti Pandowo tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup," kata Mayarani yang kini jadi anggota Laskar Muda Ngesti Pandowo.
Di luar kegiatannya di Ngesti Pandowo, Mayarani bekerja sebagai pengajar tari dan memiliki sanggar tari. Sebelumnya, dia pernah bekerja di sebuah bank, tetapi memutuskan berhenti karena kesulitan membagi waktu antara bekerja dan beraktivitas di Ngesti Pandowo.
Laskar Muda Ngesti Pandowo merupakan salah satu ikhtiar regenerasi kelompok wayang orang itu. Tak hanya anak wayang, mereka juga menerima anak-anak muda yang tertarik kesenian wayang orang. "Kami merekrut orang-orang dari dalam maupun luar keluarga Ngesti Pandowo. Kini, anggota kami sekitar 80 orang, mulai dari 17 tahun hingga 70 tahun," ujar Pimpinan Ngesti Pandowo Djoko Muljono.
Saya prihatin anak-anak wayang hampir tidak ada yang mau meneruskan jejak orangtuanya. Kebanyakan berpikir di Ngesti Pandowo tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup. (Albela Mayarani Puspita)
Pemerintah Kota Semarang juga berkomitmen turut menjaga kelangsungan kesenian rakyat itu. Sebab, sulit dimungkiri, kelompok itu telah menjelma sebagai ikon seni Semarang. "Kalau pandemi melandai, kami akan buat program menonton bersama wayang orang, termasuk bagi pelajar. Harapannya, para pelajar tertarik bergabung sehingga ada regenerasi," kata Kepala Seksi Atraksi Budaya Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Sarosa.
Agar menarik kaum milenial, lanjut Teguh, Ngesti Pandowo juga harus mulai memerhatikan kemasan pertunjukan mengikuti kesukaan anak muda. Mereka juga perlu bersinergi dengan pemerintah, perguruan tinggi, dan dunia usaha. Dengan cara-cara itu, Ngesti Pandowo diharapkan dapat bangkit dan lestari.