logo Kompas.id
BukuUpaya Memenangi Persaingan...
Iklan

Upaya Memenangi Persaingan Global

Oleh
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/yFlbzNHbsT7EJYJ91LG0OphKRQU=/1024x1439/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F09%2Fpersaingan-global.jpg

Perdagangan Indonesia bergerak dinamis sejak tahun 2004 saat mulai berlaku perdagangan bebas antara ASEAN dan China (ACFTA). Kenyataan yang sulit dibendung bahwa Indonesia tak bisa menutup diri dari gelombang globalisasi dan perlu melakukan langkah strategis yang melindungi kepentingan ekonomi nasional dari dampak negatif perdagangan bebas. Sebaliknya, Indonesia perlu segera berbenah untuk semakin meningkatkan daya saing produk Indonesia, termasuk menyediakan infrastruktur pendukung.

Selain berbagai dimensi ekonomi, kebijakan strategis perdagangan nasional juga perlu mempertimbangkan dimensi budaya. Indonesia yang memiliki kekayaan budaya harus segera bergerak mengembangkan potensi ekonomi kreatif sebagai sumber daya saing. Berbagai pandangan muncul menyertai kebijakan perdagangan bebas Indonesia era ini. Sebagian buah pemikiran dari mereka yang menaruh perhatian pada wacana strategis ini, baik dari pengamat ekonomi, pengusaha, maupun politisi, hingga konsumen, yang muncul antara tahun 2004 dan 2011 dihimpun dalam buku Rumah Ekonomi Rumah Budaya (Gramedia Pustaka Utama, 2012).

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000