logo Kompas.id
BukuIndustri Musik dalam Dua Zaman
Iklan

Industri Musik dalam Dua Zaman

Oleh
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1ePNgIBMRKOCLUBjuId9uWYpNVY=/1024x1024/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F10%2F71558812_1539951303.jpg

Pada periode 1960-1990, industri musik Indonesia tumbuh dan berkembang dalam dua iklim politik berbeda. Pada masa Demokrasi Terpimpin, narasi penguatan identitas nasional dan penolakan pengaruh musik Barat berdampak positif pada pengembangan musik daerah. Namun, kebijakan itu tak banyak memberi kontribusi berarti secara ekonomi. Sebaliknya, pada masa Orde Baru kebijakan industri musik lebih terbuka terhadap pengaruh musik populer dari Barat sehingga jenis musik pop, jazz, dan rock dapat semakin populer. Pada era Orde Baru, industri musik di Tanah Air mulai berkembang, juga secara ekonomi.

Cikal bakal perkembangan industri musik Indonesia selama tiga dekade dibahas dalam buku Industri Musik Indonesia: Suatu Sejarah (Koperasi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2009). Selain menunjukkan unsur-unsur penting yang berperan dalam menggerakkan industri musik Indonesia, seperti kebijakan politik dan media massa, buku ini juga mengulas fenomena-fenomena menarik para pelaku industri musik dalam mengarungi dua rezim berbeda.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000