Khong Guan Gelar Kompetisi Jago Jualan bagi Siswa SMK
Oleh
DD13
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Siswa sekolah menengah kejuruan bidang pemasaran masih belum memaksimalkan potensi mereka untuk masuk ke dunia kerja. Oleh karena itu, pemerintah bersama pelaku industri menyelenggarakan kompetisi untuk meningkatkan kemampuan mereka.
Menurut National Sales Manager PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia Tommy Hartono, dalam konferensi pers bertajuk ”Khong Guan SMK Sales Awards 2018” di Jakarta, Senin (9/4/2018), siswa SMK memiliki potensi. Namun, mereka belum terlalu mengetahui apa yang harus dilakukan ketika di lapangan.
Dalam Buku Data SMK 2017/2018 oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), terdapat 13.926 SMK dengan total siswa mencapai 4,9 juta orang. Jumlah siswa di bidang keahlian bisnis dan manajemen sekitar 1,2 juta siswa dan sekitar 400.000 siswa lulus setiap tahunnya.
”Padahal, pekerja di bidang pemasaran sangat memiliki peran yang penting karena menjadi tumpuan perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu produk,” kata Dedy Budiman, penanggung jawab program serta founder Komunitas Sales Indonesia dan Sales Director Indonesia.
PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia didukung oleh Kemdikbud menyelenggarakan kompetisi yang bertajuk ”Khong Guan SMK Jago Jualan 2018”, yang masa pendaftarannya berlangsung pada 14 Februari-10 Maret 2018. Kompetisi diikuti oleh siswa kelas X-XI SMK dari 23 kota, seperti Jambi, Surabaya, dan Manado. Mereka terdiri atas 242 kelompok yang masing-masing beranggotakan 12 orang.
Selama masa kompetisi, peserta diberi pelatihan secara daring dan pendampingan oleh mentor di kota masing-masing mengenai konsep dan strategi pemasaran serta penjualan.