logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanTergagap Pembelajaran Daring
Iklan

Tergagap Pembelajaran Daring

Akses ke sumber daya digital dan kemampuan guru menetukan keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Pemerintah harus memastikan ini agar tak seorang siswa pun tertinggal akibat pandemi ini.

Oleh
Yovita Arika
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ach1qlVJhXsXxbDQnpVjU6Aqu6g=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2FWhatsApp-Image-2020-04-29-at-17.04.44_1588166271.jpeg
DOKUMENTASI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Sejumlah siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta mendatangi pihak sekolah untuk meminjam tablet guna pembelajaran jarak jauh, di Yogyakarta, Senin (27/4/2020).

Pengalihan pembelajaran dari metode tatap muka ke metode jarak jauh secara daring tidak sekadar mendigitalkan bahan pengajaran atau masalah teknis pengajaran, tetapi terlebih dari itu, menyangkut masalah kelembagaan dan pedagogis atau kemampuan guru untuk menyampaikan materi secara daring. Tidak ada yang tidak bermasalah dengan ini, bahkan di negara maju sekalipun.

Dari sisi akses sumber daya digital, meski rata-rata semua keluarga memiliki telepon seluler, belum semua memiliki akses internet. Tingkat penetrasi internet di negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Singapura, rata-rata sekitar 90 persen. Di China bahkan hanya 60 persen, tak beda jauh dengan di Indonesia yang baru 66,22 persen.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000