logo Kompas.id
EkonomiPelayanan BisnisGadai Makin...
Iklan

Pelayanan BisnisGadai Makin Diperkuat

Oleh
· 2 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Layanan gadai menjadi inti bisnis PT Pegadaian (Persero) yang akan terus diperkuat pada 2017. Unit bisnis lain, yakni syariah, mikro, dan emas akan ditingkatkan pemasaran dan kualitas pelayanan kepada nasabah. Untuk menunjang strategi tersebut, PT Pegadaian mengimplementasikan secara luas pemanfaatan perangkat dan sistem teknologi komunikasi. "Kami ingin memberikan layanan sesuai perkembangan kebutuhan masyarakat dan tren teknologi informasi, tanpa meninggalkan ciri khas melayani segmen mikro," ujar Manager Corporate Communication PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani yang dihubungi di Jakarta, Rabu (19/4).Total omzet bisnis gadai per Maret 2017 mencapai Rp 26,550 triliun atau meningkat 7,32 persen dibandingkan Maret 2016 senilai Rp 24,738 triliun. Omzet bisnis syariah per Maret 2017 sebesar Rp 3,914 triliun atau naik 12,32 persen dibandingkan Maret 2016, yaitu Rp 3,484 triliun.Sementara, total omzet bisnis mikro per Maret 2017 mencapai Rp 533,652 miliar atau naik 27,73 persen dibandingkan Maret 2016. Omzet bisnis emas per Maret 2017 senilai Rp 170,027 miliar atau naik 35,87 persen dibandingkan Maret 2016. Total sisa uang pinjaman (outstanding loan/OSL) per Maret 2017 sebesar Rp 36,299 triliun. Adapun OSL per Maret 2016 sebesar Rp 32,224 triliun. Jumlah nasabah keseluruhan bisnis pada Januari-Maret 2017 mencapai 7,999 juta orang."Profil nasabah kami terbesar berasal dari usia 25-40 tahun, kelas menengah hingga bawah. Mayoritas memang masih perempuan. Data ini membuktikan bahwa anggapan masyarakat mengenai nasabah dominan usia tua itu keliru," katanya. Unit bisnis di luar gadai semula memang dikembangkan agar warga mau bertransaksi ke PT Pegadaian. Seiring waktu berjalan, unit-unit bisnis tersebut malah memberikan nilai tambah. Misalnya, layanan multipembayaran dan remitansi. Layanan multipembayaran kini didominasi pembayaran tagihan listrik dan pulsa seluler. Baik layanan multipembayaran maupun remitansi mulai ditawarkan ke nasabah sekitar tahun 2010.AlternatifPerencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto yang dihubungi secara terpisah mengatakan, unit usaha pegadaian merupakan sumber pendanaan alternatif yang biasa dipakai warga untuk mengatasi pengeluaran dadakan atau di luar rencana. Layanan gadai menjadi alternatif utama untuk memperoleh sumber dana. Karakteristik layanan yang mensyaratkan jaminan harta benda disukai oleh warga karena mampu memicu untuk cepat menebus. Model itu berbeda dengan kartu kredit, meskipun sama sebagai sumber dana alternatif. Warga harus mendaftar sebagai pengguna terlebih dahulu ke bank. Pelunasan cicilan juga disertai bunga. (MED)

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000