JAKARTA, KOMPAS - Jakarta Marketing Week ke-5 tahun 2017 dibuka di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Pameran pemasaran akbar yang berlangsung pada 3-9 Mei 2017 itu mengusung tema "Lifestyle and The City".
Pameran dibuka Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Founder and Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya. Kegiatan dalam rangka ulang tahun MarkPlus Inc itu juga dihadiri Direktur Operasional dan Perawatan PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono.
Pada hari pertama acara itu, Jakarta Marketing Week 2017 mengusung tajuk "BUMN Day Hadir untuk Negeri". Perusahaan dan anak perusahaan BUMN akan diberi penghargaan BUMN Marketeers Award 2017 sebagai apresiasi keberhasilan mengimplementasikan strategi pemasaran sepanjang 2016.
Dalam kesempatan itu, Budi Karya Sumadi mengatakan, transportasi di Indonesia masih mengandalkan moda yang belum sistematis dan terintegrasi dengan baik. Kesadaran masyarakat menggunakan angkutan massal juga masih kurang kendati terus meningkat yang menggunakan angkutan masaal.
Untuk kereta rel listrik (KRL) sudah meningkat menjadi 850.000 orang per hari. Ke depan, dengan adanya MRT tahap I, sebanyak 20 persen penumpang KRL diharapkan bisa beralih ke MRT.
"Kami ingin mengubah cara masyarakat bertransportasi. Ada gaya hidup baru yang ingin kami edukasikan kepada masyarakat urban, yaitu mengubah dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan publik," kata Budi.
Sementara, Agung menambahkan, MRT akan mengubah gaya hidup bertransportasi masyarakat urban. Semula, mereka menggunakan kendaraan pribadi. Nantinya, akan berubah menjadi bus, MRT, and berjalan kaki.
"Kami mengintegrasikan MRT dengan bus dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membangun fasilitas pejalan kaki di setiap stasiun-stasiun pemberhentian MRT," ujarnya.