logo Kompas.id
EkonomiTingkat Keberdayaan Konsumen...
Iklan

Tingkat Keberdayaan Konsumen Masih Rendah

Oleh
Aditya Putra Perdana
· 2 menit baca

SEMARANG, KOMPAS – Tingkat keberdayaan konsumen atau kemampuan konsumen untuk memperjuangkan haknya masih rendah. Konsumen pun didorong untuk tak ragu menyampaikan keluhan agar tercipta iklim usaha yang baik.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, indeks keberdayaan konsumen (IKK) 2016 masih rendah, yakni 30,86 persen. Sejumlah alasan konsumen tidak melakukan pengaduan, yakni risiko kerugian tidak besar, tidak tahu tempat mengadu, dan menganggap prosedur pengaduan rumit.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di sela-sela acara puncak peringatan Hari Konsumen Nasional 2017 di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang (3/5) mengatakan, konsumen harus berani mengadu, termasuk ke badan perlindungan konsumen.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000