JAKARTA, KOMPAS — Kementerian Pariwisata Republik Indonesia diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, meluncurkan The 10 Destination Brandings. Kesepuluh destinasi pariwisata ini dinilai paling siap di-branding dalam rangka mendukung brand Wonderful Indonesia di kancah internasional. Peluncuran itu dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (14/6).
Kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Yogyakarta-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.
Penyusunan dan peluncuran branding terhadap 10 destinasi pariwisata tersebut adalah sebagai upaya penyelarasan master-brand (Wonderful Indonesia) dengan sub-brand (branding destinasi) sehingga memperkuat positioning dari master-brand Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (BP3M), I Gde Pitana, mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman branding tersebut, kepada seluruh pemangku kepentingan, tentu perlu diberikan penjelasan lebih lanjut agar tercipta sinergi antara pusat dan daerah terkait memajukan pariwisata.
”Kesiapan 10 destinasi pariwisata tersebut telah memenuhi unsur 3A (atraksi, aksesibilitas, dan amenitas) dan paling siap sehingga akan mempermudah di-branding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan sebesar 15 juta dan ditingkatkan menjadi 20 juta pada 2019,” tutur Pitana.
Kementerian Pariwisata sangat konsisten mendukung daerah untuk tampil dalam berbagai kegiatan promosi di mancanegara dengan master-brand Wonderful Indonesia. ”Saya paham, bukan hanya Pak Presiden Jokowi yang galau memikirkan national brand, banyak pemimpin dunia pun galau memikirkan hal seperti ini,” katanya.
Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Noviendi Makalam, mengatakan, keistimewaan daya tarik pariwisata di 10 destinasi utama saat ini dapat dilihat pada pameran bersamaan dengan acara launching, bertempat di lobi lantai 1 Gedung Sapta Pesona. Dalam kesempatan itu, pada booth-booth setiap destinasi akan memperlihatkan dan memperkenalkan branding destinasi dan cara pengaplikasiannya.
”Putri Pariwisata berada di setiap booth siap menjelaskan dan membantu pengunjung yang ingin mencari tahu mengenai filosofi 10 branding baru destinasi itu, serta memberikan kesempatan kepada perwakilan daerah untuk menunjukkan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang ada,” kata Noviendi.
Acara launching The 10 Destination Brandings pariwisata Indonesia dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dalam kemasan cultural wonders, dengan menampilkan tari tradisional, fashion show, pertunjukan musik oleh band Kamila, serta alunan musik daerah yang dipersembahkan oleh Andien.