JAKARTA, KOMPAS — Maskapai berbiaya murah AirAsia mendapatkan pernghargaan sebagai merek yang paling mengampanyekan ASEAN dalam pemasarannya. Kampanye AirAsia yang bertajuk ”Think Asean, Think AirAsia” dinobatkan sebagai kampanye pemasaran dan promosi Asean terbaik pada malam penghargaan ASEANTA Awards for Excellence ke-30, yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta.
”Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk kembali terpilih sebagai maskapai dengan kampanye pemasaran ASEAN terbaik. AirAsia memiliki komitmen sebagai maskapai Asean dan akan selalu siap menjelajahi kawasan ini. Kami merasa senang karena kampanye yang kami lakukan untuk mempromosikan ASEAN dapat berperan dalam menjadikan ASEAN sebagai destinasi pilihan bagi para wisatawan,” kata CEO Grup AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan, dalam siaran persnya, Kamis (10/8).
Kampanye tersebut, dikatakan Dendy, telah berlangsung pada 8 hingga 14 Agustus 2016 dalam rangka Hari ASEAN. Kampanye itu menampilkan kumpulan foto dan unggahan tempat-tempat wajib kunjung di wilayah ASEAN melalui media sosial maskapai serta versi digital dari travel 3Sixtyo (majalah inflight).
Selain itu, kampanye tersebut juga menyorot keragaman menu makanan dalam penerbangan AirAsia yang terinspirasi dari cita rasa ASEAN, serta rangkaian video di YouTube tentang kegiatan yang dapat dilakukan serta makanan yang patut dicoba di masing-masing negara ASEAN. Seluruh upaya yang dijalankan juga didukung penuh dengan promo harga kursi hingga sehemat RM10 ke seluruh destinasi di ASEAN.
Penghargaan The Best ASEAN Marketing and Promotional Campaign yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya merupakan pengakuan atas inisiatif entitas dalam menjalankan promosi dan pemasaran, baik di dalam maupun di luar kawasan, yang secara efektif meningkatkan kesadaran wisatawan terhadap ASEAN sebagai sebuah destinasi tunggal.
ASEANTA Awards for Excellence merupakan ajang penghargaan tahunan bergengsi bagi para penggiat dan pelaku pariwisata, yang telah berkontribusi dalam upaya mengembangkan dan mempromosikan produk pariwisata di wilayah ASEAN.
Penghargaan ini terdiri dari enam kategori, lima katergori lainnya adalah Best ASEAN Travel Article, Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN New Tourism Attraction, Best ASEAN Airline Programme, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort.
AirAsia adalah satu-satunya maskapai ASEAN dengan basis operasi di Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, dan India yang melayani penerbangan langsung ke 10 negara ASEAN, serta memiliki jaringan penerbangan yang luas menuju ke lebih dari 120 destinasi di Asia, Australia, Selandia Baru, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.