JAKARTA, KOMPAS — Pengunjung sejumlah toko di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka meningkat. Peningkatan ini disebabkan oleh adanya acara Hari Belanja Diskon Indonesia.
Acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) diselenggarakan pada tanggal 17 hingga 20 Agustus 2017 oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia. Berdasarkan pengamatan Kompas, ada minimal sekitar 30 toko di Kota Kasablanka yang berpartisipasi dalam HBDI.
Potongan harga maksimal yang diberikan toko The Executive senilai 72 persen. "Dari pukul 10 sampai pukul 14, minimal sudah 100 produk yang kami jual," kata Saiful Rahman (24), penanggung jawab toko, Kamis (17/8). Apabila tidak ada acara diskon, dalam empat jam ada sekitar 15 produk yang terjual.
Sebagai persiapan HBDI, pihak The Executive sudah menyetok produk tambahan. Jika acara diskon seperti HBDI tidak ada, pihak toko hanya menyetok 500 produk tiap dua kali seminggu. Pada bulan Agustus ini, stok barang menjadi 1.500 produk yang disuplai dua kali seminggu. "Kami ingin barang yang diinginkan konsumen selalu tersedia," ujar Saiful.
Selain menambah stok barang, pihak toko juga menambah staf selama bulan Agustus ini untuk HBDI. Saiful mengatakan, "Biasanya hanya tujuh sampai delapan staf. Karena ada HBDI, kami menyiapkan 10 staf untuk melayani konsumen di toko kami."
Saiful berkata, dia ingin HBDI diadakan kembali tahun depan. "Secara pribadi, saya jadi semakin terpacu untuk menjual produk sebanyak-banyaknya," katanya. Dia pun merasakan, jumlah pengunjung meningkat pada HBDI hari pertama ini. Menurut pantauan Kompas, dalam lima menit, ada sekitar 30 pengunjung yang masuk ke toko.
Kenaikan pengunjung juga dirasakan di Optik Melawai. Pimpinan toko Optik Melawai, Hartuti (27), mengatakan, pengunjung meningkat hingga 30 persen. Dari pukul 10.00 sampai pukul 14.00 tercatat sudah ada 5 produk yang terjual. "Di luar acara diskon, dalam 4 jam hanya 1 sampai 2 produk yang terjual," katanya.
Hartuti mengatakan, tokonya sudah lmenambah stok barang hingga sekitar 200 kacamata. Selain itu, menjelang HBDI, pihak Melawai menata tokonya sehingga lebih rapi.
Adanya kenaikan pengunjung hari ini membuat Hartuti berharap tahun depan HBDI dilaksanakan lagi. "HBDI membantu kami dalam mempromosikan produk," ujarnya.
Peserta HBDI lainnya di Kota Kasablanka adalah Ace Hardware. Promotion and Advertising Manager Ace Hardware, Malvin Tarigan, mengatakan, dia merasakan adanya peningkatan pengunjung di Ace Hardware. Dia menjelaskan, "Ini karena promo yang kami berikan, yakni potongan harga sebesar 17 persen dengan minimal pembelanjaan Rp 800.000 bagi pemegang kartu member Ace Rewards." Menurut pantauan Kompas, dalam lima menit terdapat sekitar 40 pengunjung yang masuk lewat salah satu pintu toko.
Malvin menceritakan, untuk mempersiapkan HBDI ini, pihak Ace Hardware sudah memberikan pengarahan kepada staf tokonya. Selain itu, dia juga telah gencar memberitahukan program diskon HBDI ini lewat berbagai media.
Kurangnya pemberitahuan
Salah satu pengunjung, Elvira Eka (23), mengatakan, dia sebenarnya tidak mengetahui adanya acara HBDI. "Tadinya saya dan teman-teman hanya berniat jalan-jalan di sini," ujarnya. Dia menceritakan, begitu sampai di Kota Kasablanka, dia baru melihat poster HBDI. Melihat poster itu, dia baru tertarik untuk belanja. "Diskonnya terasa, saya mendapatkan potongan sekitar Rp 100.000 sampai Rp 200.000," katanya.
Pengunjung lain, Budi Santoso (39), juga baru mengetahui adanya acara HBDI setelah sampai di Kota Kasablanka. "Saya kira hari ini yang ada diskonnya hanya tempat makan. Ternyata toko pakaian juga banyak diskonnya," katanya. Dia membeli baju kantor dengan potongan harga sekitar Rp 100.000. (DD09)