logo Kompas.id
EkonomiLayanan Harus Terus...
Iklan

Layanan Harus Terus Ditingkatkan

Oleh
· 2 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Perusahaan perlu terus-menerus meningkatkan layanan kepada pelanggan. Ini diperlukan agar pelanggan terkesan dan terus menggunakan jasa korporasi. Pada Hari Pelanggan Nasional, perusahaan asuransi Allianz memperkenalkan aplikasi Expert Underwriting Sistem (EUS) bagi para agennya. Dengan sistem ini, proses penilaian profil risiko calon nasabah asuransi atau proses underwriting yang semula perlu waktu 1-2 hari, bisa selesai dalam beberapa menit saja."Kami ingin memberikan pengalaman yang berbeda kepada pelanggan. Pelanggan merupakan bagian dari perusahaan," kata Deputi CEO Allianz Life Indonesia Handojo Kusuma di Jakarta, Senin (9/4). Pelanggan yang mengenal perusahaan dengan baik akan makin percaya kepada perusahaan. Agen Allianz dapat menggunakan sistem itu melalui gawai. Nasabah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatannya yang tercantum di dalam surat pengajuan asuransi jiwa (SPAJ) langsung pada gawai. Calon nasabah juga dapat menyetujui penawaran tersebut dengan langsung membubuhkan tanda tangan secara digital di gawai.Lanny Novianti, Head of Individual Policy Management and Claim Allianz, mengatakan, dari proyek percontohan sistem ini sudah dapat mengatasi sekitar 70 persen proses underwriting. Sisanya merupakan keadaan kesehatan calon nasabah yang rumit, tidak tertampung oleh sistem sehingga masih harus diteliti oleh tenaga underwriter.Handojo mengatakan, sejak 2014, Allianz mengembangkan inovasi yang memudahkan pelanggan dan agen. Saat ini, sekitar 30 persen dari 23.000 agen menggunakan berbagai aplikasi digital yang dibuat oleh Allianz. Sementara itu, manajemen Bank CIMB Niaga langsung turun melayani pelanggan pada Hari Pelanggan Nasional. "Ini merupakan momentum yang tepat untuk bertemu nasabah secara langsung sehingga kami secara konsisten dapat memberikan pelayanan yang terbaik," ujar Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan yang turut melayani nasabah di kantor cabang CIMB Niaga di Bintaro Jaya. (JOE)

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000