logo Kompas.id
EkonomiPencapaian dan Pergeseran Gaya...
Iklan

Pencapaian dan Pergeseran Gaya Hidup

Oleh
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/QKVKDnmmwqr0WdyyL5tlqK4rCCQ=/1024x575/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F09%2F473110_getattachmentb661bb6c-2ea0-4c4b-b35b-83ed442f57a0464496.jpg
Kompas

asih soal gaya hidup, perilaku, dan pencapaian, kini masyarakat kian gemar berwisata. Pameran perjalanan yang digelar maskapai penerbangan, bank, dan pelaku usaha nyaris selalu ramai dipenuhi pengunjung. Mereka berburu tiket perjalanan wisata, hotel, dan kebutuhan berwisata. Umumnya, masyarakat membeli tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan agar bisa mendapat harga yang lebih murah. Perburuan ini berujung pada satu hal, yakni berwisata sekaligus menunjukkan eksistensi. Eksistensi ditunjukkan melalui interaksi yang semakin marak di media sosial. Berfoto di lokasi wisata menjadi salah satu bentuk eksistensi itu.

Mengacu pada Hierarki Maslow, ada tataran esteem needs atau kebutuhan akan penghargaan. Tataran di bawah puncak piramida pada Hierarki Maslow ini menunjukkan keinginan untuk dihargai atas pencapaian yang sudah diraih seseorang. Kelas menengah di Indonesia diperkirakan ada di tataran ini. Pencapaian itu ditunjukkan, misalnya, dengan bepergian ke tempat-tempat wisata yang ditunjukkan kepada teman-temannya atau orang-orang yang mengenalnya melalui tayangan foto dan video di media sosial.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000