Perkenalkan Fitur Tebakan, Pengunjung 17 Live Melonjak
Oleh
Didit Putra
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Lama dikenal sebagai penyelenggara layanan video yang disiarkan langsung atau live streaming, 17 Live sejak sebulan memperkenalkan layanan baru kuis dengan nama 17Q.
Strategi tersebut dianggap efektif karena sebulan terakhir bisa mendongkrak jumlah pengunjung hingga 600 persen di samping menawarkan hadiah hingga Rp 4 juta untuk setiap kali sesi kuis.
Cara kerja 17Q adalah penonton bergabung ke kanal khusus kuis di halaman muka layanan 17 Live.
Pemandu kanal segera membacakan pertanyaan untuk kemudian dijawab secara langsung hingga 12 pertanyaan untuk setiap sesi.
Cara kerja 17Q adalah penonton bergabung ke kanal khusus kuis di halaman muka layanan 17 Live.
Begitu salah menjawab, penonton kehilangan kesempatan untuk menjawab soal berikutnya, kecuali menggunakan fitur nyawa tambahan yang bisa diperoleh dengan cara seperti memakai kode referal.
Hadir pada hari Senin hingga Jumat, kuis ini digelar setiap pukul 12.30 dan 21.00 dengan hadiah Rp 4 juta.
Apabila tidak ada pemenang pada sesi tersebut, hadiah akan ditumpuk ke sesi selanjutnya. Salah satu pemenang kuis ini adalah Stanley Kustandi yang mendapatkan Rp 20 juta.
”Kami belum berencana untuk memonetisasi layanan baru ini, tapi memang ada model bisnis lainnya. Prioritas utama saat ini adalah menyebarkan permainan kuis ini agar mendapatkan pengguna sebanyak mungkin,” kata President Growth Management M17 Entertainment Colin Hodge di Jakarta, Senin (5/2).
Kehadiran layanan kuis ini tidak menjadikan fokus perusahaan itu beralih dari layanan live streaming. Menurut Hodge, layanan-layanan baru akan terus diuji coba untuk bisa ditambahkan ke layanan yang sudah ada.
Pertanyaan yang diajukan dalam setiap sesi kuis meliputi beragam topik pengetahuan umum, mulai dari kebudayaan populer hingga spesifik seperti olahraga.
Hodge menginginkan layanan ini bisa diterima oleh pengguna dari semua usia meski mengakui tantangan utama adalah menyensor kata yang tidak pantas.
”Kami punya kebijakan ketat mengenai konten yang tidak pantas. Mengandalkan fasilitas pemantauan bernama SkyEye yang berlokasi di Taiwan dan Indonesia, kami memastikan agar konten yang tampil di layar ponsel pengguna bisa mematuhi regulasi ataupun kebudayaan setempat,” kata Hodge.
Andryan Gouw, Country Manager Indonesia 17 Media, menjelaskan, visi layanan 17 Live adalah titik temu yang menggabungkan seluruh layanan di aplikasi siaran langsung. ”Kami ingin menjadi layanan one stop entertainment,” katanya.