logo Kompas.id
EkonomiTransformasi Digital Jadi...
Iklan

Transformasi Digital Jadi Tantangan Perbankan

Oleh
· 3 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Perubahan perilaku konsumen akibat transformasi digital menjadi salah satu tantangan perbankan tahun ini. Hal ini mendorong perbankan memprioritaskan belanja teknologi untuk transformasi bisnis melalui platform situs, aplikasi, dan sistem perbankan elektronik lain.

Berdasarkan paparan hasil Survei Perbankan Indonesia 2018 di Jakarta, Selasa (27/2), teknologi telah mendorong industri perbankan di Indonesia mengalami transformasi signifikan. Survei dilakukan oleh perusahaan jasa konsultasi PwC dengan melibatkan 65 responden dari 49 bank nasional dan asing di Indonesia.

Financial Services Industry Leader PwC Indonesia David Wake mengatakan, digitalisasi layanan adalah keniscayaan di tengah perkembangan teknologi informasi. Ada keterkaitan antara kematangan strategi digital dan kesiapan pelaku sektor perbankan menghadapi masa depan. ”Hampir semua bank di Indonesia berupaya efisien dengan meminimalkan ekspansi jaringan kantor fisik. Mereka lebih mengupayakan jalur-jalur digital dan otomatisasi untuk bertumbuh,” ujarnya.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000