logo Kompas.id
EkonomiTeknologi Diterapkan untuk...
Iklan

Teknologi Diterapkan untuk Utamakan Pelayanan

Oleh
Norbertus Arya Dwiangga dari Taipei, Taiwan
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/8C2KBXmgSpRRqrdG3a1bXl5SIkI=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F06%2F20170620121052_IMG_0756.jpg
Kompas

Jalan tol Cikampek-Palimanan, Jawa Barat, setiap hari sepi dari truk.

TAIPEI, KOMPAS — Teknologi yang dipilih untuk penerapan jalan berbayar, seperti di jalan tol, mesti berorientasi pada pelayanan bagi masyarakat. Selain dapat diandalkan dan berplatform terbuka, masyarakat dapat dengan nyaman dan mudah untuk menyesuaikan diri.

Hal ini terungkap dalam diskusi pengelola konsorsium Far Eastern Toll Collection (FETC) bersama perwakilan dari Indonesia, Thailand, dan Hong Kong, Rabu (28/3), di Taipei, Taiwan. Dalam mengelola pembayaran jalan tol, FETC menerapkan sistem aliran kendaraan multijalur dengan memanfaatkan gelombang radio (RFID) sejak 2014. ”Kami belajar hampir 15 tahun. Pada 10 tahun pertama sangat menantang. Banyak masalah terkait kebiasaan orang, kami pun melakukan kesalahan. Kami gagal mengintegrasikan. Tujuh tahun lalu operasi kami berubah total,” kata Presiden FETC YC Chang.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000