logo Kompas.id
EkonomiPelaku Industri Makanan...
Iklan

Pelaku Industri Makanan Minuman Hadapi Tantangan

Oleh
C ANTO SAPTOWALYONO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/argM7J8zTiLK1Dyy68dOB9Bw7us=/1024x1536/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F04%2Fkompas_tark_26813616_98_0-1.jpeg
Kompas

Pekerja pasta Bogasari melihat dan memilih pasta yang tidak layak, dipabrik PT Indofood Tbk Divisi Bogasari, Jakarta, Rabu (19/10/2016). Kompas/Alif Ichwan (AIC)19-10-2016

JAKARTA, KOMPAS  - Penerapan konsep industri generasi keempat atau 4.0 diyakini memperbesar peluang perluasan usaha dan tenaga kerja sektor industri makanan dan minuman. Sebagian pelaku industri makanan dan minuman menuju ke industri 4.0. Namun, mereka hadapi sejumlah tantangan, antara lain sumber daya manusia, modal, dan pemasok teknologi.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman di Jakarta, Kamis (5/4/2018) menyatakan, mayoritas industri, terutama kelas menengah dan besar, baru menerapkan konsep industri 3.0 yang antara lain menggunakan teknologi robotik dan otomatisasi. "Terus terang belum ada industri makanan minuman yang 100 persen menerapkan industri 4.0," ujarnya.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000