HANGZHOU, KOMPAS - Alibaba Group turut berikhtiar meningkatkan kemampuan para pedagang dalam berbisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu upaya adalah melalui pelatihan bagi para pedagang, termasuk dari Indonesia.
"Kami pun sudah beberapa kali ke Jakarta, untuk memberi pelatihan bagi mereka," kata Alibaba Group PR Director for APAC Rico di Hangzhou, China, Minggu (15/4) malam.
Rico, didampingi PR Manager for Indonesia Xiaoyi, mengatakan hal tersebut saat beramah tamah menyambut rombongan jurnalis dari Indonesia yang akan diajak mengikuti Alibaba Campus Media Tour. Rombongan akan kembali ke Tanah Air pada 19 April mendatang.
Menurut rencana, agenda tur media di hari pertama Senin (16/4/2018) mencakup pengenalan Cainiao, kunjungan ke museum Alibaba, pengantar cloud, data screen, dan termasuk kunjungan ke Ant Financial Campus.
Di hari kedua, Selasa, rombongan akan mengunjungi kampus Alibaba di Binjiang yang ditempuh sekitar 40 menit berkendara dari kantor pusat Alibaba di Hangzhou\'s District (berjarak sekitar 180 kilometer dari Shanghai).
Dilanjutkan dengan pemberian pengantar Alibaba B2B serta pengenalan dan kunjungan ke Rural Taobao.
Sementara itu di hari ketiga, Rabu (18/4/2018), rombongan jurnalis dari Indonesia akan diajak mengunjungi restoran Wufangzhai dan supermarket Hema untuk mengenali pengalaman bertransaksi atau berbelanja bersama Alibaba.