logo Kompas.id
EkonomiKiat Restoran Menyiasati...
Iklan

Kiat Restoran Menyiasati Penurunan Pengunjung pada Bulan Puasa

Oleh
Ayu Pratiwi
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/yd8cD9U2bjVJ2p5ggdg6FmkM89Q=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F20180522_141815-01.jpeg
KOMPAS/AYU PRATIWI

Suasana di salah satu kafe di Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS — Selama Ramadhan, hampir semua restoran di Indonesia mengalami penurunan jumlah pengunjung. Penurunan paling dirasakan restoran-restoran yang berada di area perkantoran. Sementara restoran di pusat perbelanjaan, meski mengalami penurunan, jumlahnya tak sedrastis restoran di area perkantoran. Pengusaha bisnis restoran pun menyiasati penurunan pengunjung antara lain dengan mengurangi jumlah karyawan harian restoran.

”Jumlah pengunjung restoran drop 50-60 persen selama bulan puasa. Fenomena itu telah diperkirakan sebelumnya,” kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Hariyadi Sukamdani, Selasa (22/5/2018), ketika dihubungi dari Jakarta.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000