JAKARTA, KOMPAS — Generasi milenial yang lahir pada 1980-1999 dibidik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Nike, yang diwakili PT Altofit Berkat Abadi sebagai distributor resmi. Upaya membidik konsumen dari generasi ini antara lain dilakukan melalui pesta diskon Nike Warehouse Sale.
Nike Warehouse Sale akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada 30 Mei-3 Juni 2018. Komisaris PT Altofit Berkat Abadi, Budi Darmawan Tjandra, mengatakan, tempat ini memudahkannya mengontrol alur dan kepadatan pengunjung.
Berkaca dari peristiwa tahun lalu, pengunjung pesta diskon merek Nike membeludak. Panjang antreannya mencapai dua lantai parkir dan memakan waktu lebih dari satu jam.
Untuk mengantisipasinya, BRI dan PT Altofit Berkat Abadi sebagai penyelenggara telah menyiapkan strategi. Bentuknya berupa pemilihan tempat acara, sistem antrean, dan jumlah kasir.
Jika pengunjung melebihi kapasitas, Budi akan menerapkan sistem buka-tutup. ”Kami targetkan pengunjung mencapai 10.000-15.000 orang per hari,” ujar Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (28/5/2018).
Jumlah barang yang akan dijual sekitar 60.000 produk. Proporsi produk paling tinggi berupa pakaian, kedua sepatu, dan ketiga perlengkapan olahraga.
Target penjualan yang ingin dicapai sebanyak 25.000-30.000 produk. Sementara Direktur Konsumer BRI Handayani menargetkan total transaksi selama bazar mencapai Rp 8 miliar.
Handayani menambahkan, pihaknya akan menyediakan 11 kasir untuk mencegah antrean saat pembayaran. Untuk transaksi di bawah Rp 2 juta, pembayaran dapat dilakukan dengan pemindaian kode QR dan uang elektronik.
Acara Nike Warehouse Sale merupakan kerja sama yang pertama kali antara BRI dan Nike yang diwakili PT Altofit Berkat Abadi sebagai distributor resmi. ”Kami ingin menyasar segmen nasabah milenial BRI yang proporsinya 40 persen. Bentuk pendekatannya berupa kerja sama di bidang gaya hidup khas milenial,” ucapnya.