Sebanyak 100 bus yang beroperasi di Jakarta akan ditempel stiker Wonderful Asian Games (WAG) sebagai co-branding antara Kementerian Pariwisata dengan tiga operator bus. Penempelan sitker itu untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia dalam ajang Asian Games yang digelar Agustus mendatang.
"Bus-bus yang berasal dari tiga operator itu akan ikut memeriahkan perhelatan wisata olah raga sekaligus mempromosikan Indonesia," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat meluncurkan bus-bus berlogo Wonderful Asian Games di Lapangan Monas, Kamis (26/7/2018).
Sebanyak 100 bus itu terdiri atas 64 bus Transjakarta untuk rute utama koridor I, 20 bus Damri, dan 16 bus Blue Bird Group untuk shuttle bus dari pusat kota menuju bandara.
Peluncuran Bus Wonderful Asian Games sekaligus menetapkan ketiga mitra tersebut sebagai duta layanan Wonderful Asian Games. Sebab, para pengemudi dan awak bus bertemu dan berinteraksi dengan para atlet dan tamu Asian Games selama di Indonesia. Mereka akan menjadi representasi pelayanan dan keramahtamahan khas Indonesia.
Dikatakan Arief, penempelan logo Wonderful Asian Games di bus akan menghasilkan nilai media yang besar bagi promosi pariwisata Indonesia. "Promosi seperti ini sudah beberapa kali kami lakukan, seperti di ajang promosi pariwisata dunia ITB Berlin, Travel Mart di London, Euro Cup di Paris, dan sekarang di Asian Games. Promosi ini tidak terlalu mahal, tetapi efektif karena dilihat banyak orang, dari peserta hingga warga kota dan media massa televisi yang meliput," kata Arief.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan dukungannya dan berkomitmen menyukseskan kegiatan pariwisata dan Asian Games.
"Acara ini merupakan perlehatan akbar milik semua. Citra ini bukan hanya penempelan stiker, tetapi janji kita semua menyukseskan Asian Games," kata Sandiaga.
Dia juga menyatakan akan berupaya mendukung pariwisata agar target 17 juta wisatawan asing pada tahun ini bisa tercapai.
Taksi
Sementara itu, Direktur Blue Bird Andrianto Djokosoetono mengatakan, Blue Bird terus mendukung Asian Games dan Wonderful Indonesia. "Selain bus, taksi kami sebanyak 10.000 unit juga sudah dipasang logo Wonderful Indonesia," kata Andrianto.
Arief mengatakan, peluncuran bus Wonderful Indonesia-Asia Games 2018 akan membuat logo Wonderful Indonesia semakin dikenal dunia. “Branding Wonderful (WI) Indonesia semakin mendunia. Bila semula tidak masuk ranking branding dunia, pada tahun 2015 Wonderful Indonesia berhasil menembus ranking 47 mengalahkan country branding Truly Asia Malaysia (ranking 96) dan Amazing Thailand (ranking 83). Menguatnya brand WI ini akan memudahkan dalam upaya mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada tahun depan,” kata Arief.
Asian Games 2018 merupakan ajang olahraga terbesar di dunia setelah Olimpiade. Pada 18 Agustus hingga 2 September 2018, kegiatan ini akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.
Menurut perhitungan Bappenas, event olahraga ini akan diikuti 45 negara dengan perkiraan menghadirkan 170.000 wisatawan mancanegara (wisman) yang terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 awak media internasional dan 150.000 penonton. Penerimaaan devisa diperkirakan mencapai Rp 3 triliun.
Selain logo Wonderful Indonesia, stiker itu juga akan menampilkan obyek wisata unggulan di Tanah Air dengan daya tarik budaya, alam, dan buatan.