logo Kompas.id
EkonomiLayanan Perbankan untuk Petani...
Iklan

Layanan Perbankan untuk Petani Dipermudah

Oleh
Dahlia Irawati
· 3 menit baca

MALANG, KOMPAS — Layanan perbankan untuk petani terus dipermudah. Pelayanan perbankan tanpa kantor dikenalkan kepada petani di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Layanan perbankan tanpa kantor dinilai efektif menjangkau petani di pelosok yang selama ini sulit mengakses layanan kantor perbankan.

Model layanan perbankan tanpa kantor dikenalkan kepada petani di Kabupaten Malang mulai Januari 2016 sampai Mei 2018 oleh Mercy Crops Indonesia. Melalui Program AgriFin Mobile, telah melaksanakan proyek percontohan (pilot project) penyediaan layanan keuangan tanpa kantor (branchless banking) bagi petani menggunakan layanan Mandiri e-cash.

Program tersebut didukung oleh Pemerintah Kabupaten Malang bekerja sama dengan Bank Mandiri dan gabungan kelompok tani (gapoktan) di sepuluh desa di Kecamatan Pagelaran, tiga poktan  di tiga desa di Kecamatan Kepanjen, satu gapoktan di Kecamatan Bululawang, dan satu poktan di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000