JAKARTA, KOMPAS - Setelah tujuh tahun beroperasi, agen perjalanan daring Tiket.com memutuskan akan lebih agresif mengejar transaksi pemesanan hotel. Salah satu upaya yang bakal ditempuh adalah memperbanyak katalog mitra hotel baik dalam maupun luar negeri.
Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, di sela-sela temu media, Kamis (30/8/2018), di Jakarta, menyebutkan, katalog hotel di Tiket.com per Agustus 2018 mencapai 350.000 unit. Jumlah hotel sebanyak ini diklaim tumbuh 250 persen dibanding setahun sebelumnya.
"Pendapatan hasil transaksi pemesanan hotel tumbuh sampai empat kali lipat dibanding setahun sebelumnya. Hotel di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali memang masih paling banyak dipesan, tetapi data kami menyebutkan, permintaan berdatangan di luar tiga daerah itu. Kami menduga ini dipicu gencarnya promosi wisata dari pemerintah," ujar dia.
Selain hotel, Tiket.com juga mempunyai produk pemesanan tiket pesawat terbang, tiket kereta api, sewa mobil, dan atraksi hiburan. Keempat produk tersebut juga mengalami pertumbuhan pendapatan, hanya saja tidak sesignifikan pemesanan hotel.
Pendapatan transaksi pemesanan hotel ditargetkan bisa naik enam kali lipat pada tahun depan.
Gaery menggambarkan, jumlah katalog hotel domestik mencapai 5.000 unit yang dimulai dari hotel bintang 2. Jumlah katalog ditargetkan naik sampai 7.500 unit pada tahun mendatang.
Upaya lain adalah menciptakan aneka promo menarik. Misalnya, Tonight Deals. Promo ini berisi potongan harga bagi konsumen yang memesan hotel mulai pukul enam sore.
"Bisnis agen perjalanan konvensional akan tetap hidup pada tahun-tahun mendatang. Produk yang mereka akan lebih kompleks, seperti paket tur kelompok, tur personal, dan visa. Sementara agen perjalanan daring, seperti kami, akan menjalankan penjualan produk plesir yang lebih khusus," imbuh Gaery.