JAKARTA, KOMPAS — AXA General Insurance Indonesia menjadikan laman AXA myPage sebagai fondasi untuk pengembangan bisnis asuransi secara digital. Kehadiran laman ini diharapkan mampu meningkatkan sistem layanan asuransi perusahaan.
Chief Financial Officer AXA General Insurance Indonesia Juan Cazcarra mengatakan, perusahaannya sedang fokus untuk meningkatkan pelayanan jasa asuransi, baik untuk pelanggan maupun untuk agen penjual produk. Dalam upaya menjangkau masyarakat dan pelanggan di seluruh Indonesia, lahirlah laman AXA myPage.
”AXA myPage adalah bentuk layanan perusahaan untuk memudahkan akses pasar melalui teknologi digital. Masyarakat di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur dapat menjangkau dan lebih mudah dalam berasuransi,” kata Juan, di Jakarta, Kamis (30/8/2018).
Juan menjelaskan, perusahaannya tidak secara langsung terdampak perang dagang antara Amerika dan China. Selain itu, di tengah ketidakpastian perekonomian global, perlu inovasi untuk menangkap peluang pengembangan usaha. Pada 2012-2018 telah dilakukan berbagai inovasi, antara lain Smart Traveller (asuransi perjalanan internasional), iConnect (khusus agen penjual asuransi kendaraan), digital B2C platform (asuransi kendaraan), Automation (teknologi robot), dan AXA myPage.
”Tingginya pengguna internet di Indonesia, yang mencapai 180 juta pengguna, membuka kesempatan untuk mengembangkan layanan asuransi secara digital. Ini peluang pasar yang baik, tentunya harus diimbangi dengan layanan yang mudah diakses dan dapat menjangkau banyak orang,” ujar Juan.
Mudah diakses
Chief Operations Officer AXA General Insurance Indonesia Edwin Sugianto menjelaskan, laman AXA myPage ada karena riset yang dilakukan kepada pelanggan dan keinginan agen asuransi agar layanan dapat dengan mudah diakses sehingga penetrasi kepada masyarakat lebih berkembang. AXA myPage dirancang seperti tampilan sosial media untuk memudahkan akses dan cara penggunaan.
”Pelanggan dan mitra kerja memberi masukan untuk adanya transformasi digital dalam layanan asuransi AXA. Saat ini, AXA myPage melayani produk asuransi perjalanan domestik, asuransi kendaraan, dan asuransi kesehatan. Sistem kerjanya mencakup tiga pilar AXA myPage, yaitu pelanggan, agen, dan partner bisnis. Pelanggan mengakses laman untuk memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhannya, agen menawarkan produk asuransi pada laman, dan mitra bisnis DOKU mengontrol sistem transaksi,” ucap Edwin.
Vice President Merchant Business DOKU Dody Wijaya mengatakan, potensi pasar dan efektivitas platform digital membuat DOKU mendukung AXA myPage dari aspek transaksi. DOKU sebagai platform pembayaran secara daring menjamin keamanan data melalui kecerdasan buatan yang mengontrol transaksi asuransi.
”DOKU sebagai layanan pembayaran secara elektronik menjamin keamanan data pelanggan dan agen dalam transaksi di AXA myPage,” ucap Dody.
Saat ini, belum ada target penjualan asuransi. AXA myPage dibuat untuk kepentingan pelanggan dan agen serta mendukung prospek bisnis AXA ke depan. AXA akan terus mengembangkan layanan dan menghadirkan produk baru. Terdapat sekitar 960 agen yang akan menggunakan laman tersebut dan AXA akan menjajaki kemungkinan bergabungnya broker atau pialang asuransi serta masuk ke korporasi untuk mengakses laman myPage. (E17)