Belanja Cerdas ala JD.Id Virtual di 9 Stasiun Jabodetabek
Oleh
Mediana
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Penyelenggara layanan perdagangan secara elektronik atau e-dagang, JD Indonesia, memperkenalkan fitur JD.ID Virtual. JD.ID Virtual menawarkan cara berbelanja ritel dengan memanfaatkan teknologi baca cepat dan pembayaran secara nontunai.
President Director JD.ID Zhang Li, dalam keterangan pers, Senin (10/9/2018) malam di Jakarta, menjelaskan, JD.ID Virtual berbentuk papan berisi gambar aneka produk kebutuhan rumah tangga. Di setiap bagian gambar barang terdapat kode baca cepat (scan QR code) yang berfungsi sebagai sarana pembelian. Jadi, konsumen cukup memindai QR code di aplikasi JD.ID yang sudah mereka install di ponsel pintar. Seluruh barang yang akan dibeli diproses dan diantar ke alamat yang diinginkan.
Dia mengatakan, fitur layanan tersebut tersedia sejak 5 September 2018 di sembilan stasiun kereta di Jabodetabek. Kesembilan stasiun yang dimaksud adalah Jakarta Kota, Sudirman, Sudimara, Juanda, Gondangdia, Cikini, Tebet, Pasar Minggu, dan Depok Baru.
”Stasiun kereta menjadi prasarana penting penunjang warga Jabodetabek. Itulah alasan kami memilih menerapkan JD.ID Virtual di sembilan stasiun. Mengutip data dari PT Kereta Commuter Indonesia di laman resminya, hingga Juni 2018, rata-rata jumlah pengguna kereta komuter per hari mencapai 1.001.438 orang pada hari kerja,” ujar Zhang.
Menurut dia, JD senantiasa berinovasi untuk memberikan terobosan berbelanja. Fasilitas berbelanja terus dikembangkan secara inovatif agar tetap relevan dengan dinamika warga urban.
”JD.ID Virtual sesuai dengan semangat dan nilai perusahaan yang ingin memberikan solusi nyata bagi industri ritel modern,” kata Zhang.
Sebelumnya, JD.ID meluncurkan JD.ID X di Pantai Indah Kapuk Avenue, Jakarta Utara. JD.ID X merupakan gerai belanja fisik yang dilengkapi berbagai fitur teknologi digital, seperti kecerdasan buatan dan sistem pembayaran nontunai. Tujuannya adalah memberi pengalaman berbelanja futuristik bagi konsumen.
Untuk masuk dan mengakses layanan JD.ID X, konsumen menginstal aplikasi JD, kemudian mendaftarkan akun, mengunggah foto diri, dan mengisi uang elektronik ke dalam aplikasi itu. Foto diri untuk memindai atau mengenali konsumen ketika masuk pintu gerai belanja.
Di dalam gerai, JD telah memasang QR code di setiap produk. Fungsinya adalah mempercepat proses pembacaan identitas kategori dan harga barang. Konsumen cukup memindai kode baca cepat, kemudian sistem JD memprosesnya menjadi transaksi. Adapun pembayarannya memakai fitur nontunai sehingga tidak ada kasir.