Penjualan Produk Kecantikan Meningkat, Diskon Menarik Konsumen Baru
Oleh
Ayu Pratiwi
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS - Produk kecantikan merupakan salah satu kategori dalam platform perdagangan elektronik atau e-commerce yang memiliki tingkat pertumbuhan penjualan paling besar. Perusahaan e-dagang memanfaatkan peluang itu dengan mempromosikan berbagai macam merek dengan harga diskon. Kampanye seperti itu diharapkan dapat mengundang pengguna baru, serta memperkenalkan merek atau produk baru.
Ritchie Goenawan, Fast Moving Consumer Goods Director dari Lazada, mengungkapkan, penjualan produk kecantikan melalui Lazada tumbuh tiga digit setiap tahun. Dari rata-rata jumlah pengunjung situs lazada.co.id yang mencapai 60 juta orang per bulan, sekitar 50 persen dari mereka pernah menjelajahi kategori produk kecantikan dalam situs itu.
"Produk kecantikan penting bagi kami. Kategori itu strategis karena pertumbuhannya yang kencang dan mencapai tiga digit dari tahun ke tahun. Kategori itu diharapkan dapat menarik consumer baru ke platform e-commerce kami," ucap Ritchie, Kamis (4/10/2018), saat peluncuran kampanye "Super Beauty Day" di kantor Lazada, Jakarta.
Ia menceritakan, saat pergelaran kampanye hari lipstik, penjualan lipstik mencapai 5.000 potong selama 10 menit pertama. "Konsumen sudah tahu merek mana saja yang bagus dan siap membelinya," ujar Ritchie.
Selain lipstik, produk kecantikan paling populer lainnya adalah face mask dan produk perawatan dermatologi untuk kebutuhan lebih spesifik, seperti kulit jerawat dan kulit kering.
"Di Indonesia, konsumen pada awalnya mencoba dan membeli produk kecantikan di toko offline (atau konvensional). Apabila mereka senang dan percaya dengan merek itu, mereka kemudian akan membeli produk itu melalui platform e-commerce," tutur Ritchie.
Kampanye Diskon
Minat publik yang tampak besar terhadap produk kecantikan menjadi peluang bagi perusahaan e-dagang untuk menggelar kampanye diskon, guna mengundang konsumen baru, serta memperkenalkan produk dan merek baru.
Pada 9-10 Oktober 2018 misalnya, Lazada menggelar untuk pertama kalinya kampanye "Super Beauty Day". Lebih dari 200 merek kecantikan lokal dan internasional ikut serta dalam kampanye itu untuk menawarkan semua produknya dengan harga diskon hingga 30 persen, serta memperkenalkan produk terbarunya.
"Kami harapkan antisipasi besar dari masyarakat. Tawaran terbaik akan ditawarkan pada 9 Oktober pukul 00.00-02.00. Dua jam pertama itu sangat critical. Pada kampanye lainnya, 50 persen dari total penjualan dilakukan selama dua jam pertama," kata Ritchie.
Kampanye itu hanya berlangsung selama dua hari karena konsumen e-dagang dianggap cepat bosan. "Tren kecantikan berubah dengan sangat cepat. Selama dua hari kampanye itu, kita fokus untuk menarik perhatian konsumen dengan harga spesial dan menyediakan layanan terbaik," tambah Ritchie.
Saat ini, Lazada menawarkan layanan pengiriman secara gratis. Untuk wilayah Jabodetabek, Lazada menargetkan, barang tiba di konsumen pada keesokan harinya. Selain kecantikan, kategori produk lain yang populer di Lazada adalah elektronik dan fashion.
Kepuasan Konsumen
Bagi Karina Nadila Niab, Puteri Indonesia Pariwisata 2017, belanja melalui platform e-dagang kini semakin mudah dan bisa dipercaya. Belanja secara daring juga semakin menarik karena sering ada produk yang ditawarkan dengan harga diskon.
"Untuk memastikan produk itu bisa dipercaya, kita bisa lihat komentar konsumen lain. Ada banyak yang menyampaikan review tentang produk serta penjualnya," ujar Karina, yang juga Brand Ambassador Mustika Ratu Beauty Queen Series.