logo Kompas.id
EkonomiKegagalan Usaha Rintisan
Iklan

Kegagalan Usaha Rintisan

Oleh
andreas maryoto
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/xfnW6goe-4HHxRXDqeFDd-u06DE=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F10%2F20180921_PAMERAN-KREATIFOOD_A_web_1537530744-2.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Berbagai macam produk kuliner lokal dalam pameran Kreatifood yang diikuti sekitar 50 pengusaha kuliner rintisan di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan, Jumat (21/9/2018). Pameran merupakan upaya dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk "naik kelas" dalam mengenalkan dan memasarkan produk mereka.KOMPAS/PRIYOMBODO (PRI)21-09-2018untuk tematis ekonomi minggu

Kisah sukses usaha rintisan berbasis digital mudah sekali keluar dari mulut ke mulut. Namun, kasus kegagalan mereka jarang terungkap. Kita perlu melihat kasus per kasus untuk belajar memahami kegagalan dan mencegah pengulangan kegagalan itu. Kegagalan usaha rintisan bisa karena tindakan curang, dana yang habis, hingga masalah orang dan organisasi.

Jika dipukul rata, persentase usaha rintisan yang baru mulai, yang sudah berjalan, dan yang mendapatkan pendanaan namun gagal di tengah jalan, mencapai 90 persen. Ide dan semangat adalah modal awal menjalankan usaha rintisan, kemudian menjadikannya sebagai realitas, namun kegagalan muncul karena gagal memahami kesalahan yang sebenarnya bisa dicegah sejak awal.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000