JAKARTA, KOMPAS — Rata-rata pengeluaran belanja daring per pelanggan pada perayaan Hari Lajang Sedunia, 11 November, sesuai data ShopBack, sebesar Rp 840.177. Nilai ini naik sekitar 63 persen dibandingkan dengan kondisi yang sama pada 2017.
Country Head ShopBack Indonesia (perusahaan perdagangan secara elektronik atau e-dagang yang menyediakan program komisi cashback) Indra Yonathan, Rabu (14/11/2018), di Jakarta, menyampaikan data tersebut. Kategori produk yang paling banyak diincar adalah mode, kebutuhan perjalanan, kecantikan dan kesehatan, peralatan rumah tangga, dan keperluan sehari-hari.
Dari sisi waktu berbelanja, temuan ShopBack menunjukkan, konsumen mempergunakan periode pukul 09.00-11.00 dan 23.00-24.00.
ShopBack bermitra dengan lebih dari 1.500 mitra penyedia toko ritel daring dan laman pemasaran. Saat perayaan Hari Lajang Sedunia, data ShopBack menemukan tiga mitra yang paling banyak dipakai konsumen adalah Shopee, Lazada, dan Blibli.
”Promo peringatan Hari Lajang Sedunia yang jatuh pada 11 November merupakan ajang ’pemanasan’ sebelum puncak pesta belanja daring terbesar di Indonesia, yaitu Harbolnas, yang berlangsung pada 12 Desember,” tutur Indra.
Dia menambahkan, peningkatan nilai pengeluaran belanja bisa dimaknai sebagai semakin tingginya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja daring.
Sementara itu, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Monika Rudijono mengatakan, warga Indonesia berbelanja daring bukan sekadar berburu diskon, melainkan juga membangun pengalaman belanja jangka panjang melalui hiburan, kegembiraan, dan interaksi. Oleh karena itu, Lazada memperkenalkan gim Wonderland, Slash It, dan Shake It agar pembeli bersenang-senang sambil mengumpulkan kupon belanja.
Pada promo Festival Belanja 11.11, grup Lazada hanya merilis hasil secara keseluruhan, tanpa spesifik menyebutkan pencapaian tiap negara tempat Lazada beroperasi.
Lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara yang menelusuri dan mendapatkan penawaran terbaik melalui laman dan aplikasi Lazada pada 11 November. Merek barang paling diminati adalah Realme, Xiaomi, Samsung, Sweety, Wardah, Maybelline, dan L’Oréal Paris. Tepat tengah malam 00.00 tanggal 11 November, pembeli di Asia Tenggara mengambil lebih dari 50 juta penawaran. Dalam 60 menit pertama terjadi 1,2 juta pesanan.
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.