ARGATALA, KOMPAS - Keindahan alam di sejumlah daerah yang memiliki topografi bervariasi, bunga, fauna, dan komunitas etnis dengan warisan tradisi kuno dan gaya hidup kini menjadi potensi India dalam meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata. Karena itu India saat ini gencar mempromosikan destinasi pariwisata kawasan timur laut di India.
Bahkan promosi wisata di kawasan timur laut di India dilakukan dengan menggelar International Tourism Mart (ITM) 2018 di Argatala, Tripura. Kegiatan yang mengundang delegasi dari 18 negara termasuk Indonesia dibuka sejak Kamis (22/11/2018) malam. Acara tersebut dihadiri Menteri Utama Tripura Shri Biplab Kumar Deb, Menteri Pariwisata India, KJ Alphons, dan Sekretaris Menteri Pariwisata India Rashmi Verma
Baik Kumar maupun Alphons menyatakan kawasan timur laut India yang terdiri dari delapan negara bagian yakni Arunachal Pradesh, Assam, Manipur, Tripura, Meghalaya, Mizoram, Nagaland, dan Sikkim merupakan tempat yang sangat potensial karena memiliki atraksi budaya dan produk lokal yang berbeda satu dengan yang lain.
Biplab mengatakan, kedelapan tempat tersebut sangat diberkati karena kaya dengan berbagai flora dan fauna, warisan dari tradisi dan gaya hidup sejak jaman dulu, serta memiliki festival, seni dan kerajinan tangan.
"Kawasan timur laut India adalah tempat yang sangat menyenangkan bagi pelancong, sebuah wilayah yang memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan untuk pengembangan dari pariwisata. internasional," ujar Biplab.
Karena itulah menurut Alphons, ITM 2018 diharapkan menjadi ajang promosi pasar pariwisata di kawasan timur laut India. Sebab forum tersebut juga dihadiri para pelaku perjalanan wisata dari berbagai negara serta pelaku pariwisata lokal. Selain mendengarkan materi, para pelaku pariwisata juga melakukan pertemuan business to business.