Laman pemasaran ritel bisnis ke bisnis, Ralali.com, akan memperluas pangsa pasar ke Thailand. Pendiri dan CEO Ralali.com Joseph Aditya di sela-sela konferensi pers Hari Belanja Item Grosir Nasional, Rabu (5/12/2018), di Jakarta, mengatakan hal itu.
Di Thailand, Ralali.com akan membentuk perusahaan patungan bersama Siam Cement Group. Konsep usaha tetap seperti yang sudah dijalankan Ralali.com sejak 2013, yakni menjual produk kebutuhan operasional sehari-hari (maintenance, repair, and operation/MRO) secara dalam jaringan untuk segmen usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.
"Suplier barang berasal dari pelaku usaha di Thailand. Perusahaan patungan ini mulai berjalan pada akhir triwulan I-2019. Apabila hasilnya bagus, kami akan merealisasikan penjualan barang antarnegara," ujar Joseph.
Thailand dipilih karena potensi industri manufaktur makanan-minuman sampai dengan komponen otomotif yang dikelola UMKM tengah tumbuh pesat. Thailand juga mempunyai populasi pengguna ponsel pintar besar. Di Indonesia, saat ini, Ralali.com telah memiliki lebih dari 10.000 penyuplai barang, sekitar 25.000 kode unit barang, dan 300.000 pelanggan UMKM.
Sektor industri yang menjadi latar belakang pelanggan, meliputi antara lain, otomotif, kuliner, dan ekonomi kreatif. Setiap bulan, rata-rata arus lalu lintas kunjungan di Ralali.com mencapai lebih dari 100.000. Pencapaian ini dinilai positif, sejalan dengan kesadaran masyarakat berbelanja kebutuhan usaha secara daring.
"Untuk memeriahkan Hari Belanja Online Nasional yang jatuh pada 12 Desember, kami menggelar promo bernama Hari Belanja Item Grosir Nasional dari tanggal 11 November sampai 12 Desember. Promo ini didedikasikan kepada pengusaha UMKM yang ingin berbelanja keperluan usaha," tutur dia. (MED)